Yuk, Hindarkan Adik-adik Remaja dari Kemaksiatan di Malam Tahun Baru 2014

Advertisements
Suasana Kemacetan pada Perayaan Tahun Baru 2013 di depan Trans Studio Bandung
Suasana Tahun Baru 2013 yang lalu di depan Trans Studio Bandung

Yuk, Hindarkan Adik-adik Remaja dari Kemaksiatan di Malam Tahun Baru 2014

Menurut Kalender Masehi pergantian tahun insyaAllah akan berlangsung malam ini. Sebenarnya bagi Umat Islam sudah melewati Tahun baru (Tahun Baru Islam) sesuai Kalender Hijriyah pada  1 Muharram 1435 bertepatan dengan tanggal 5 November 2013 yang lalu. Penanggalan Kalender Hijriah dimulai saat nabi Muhammad SAW hijrah (pindah) dari Mekah ke Madinah pada tanggal 622 Masehi.

Tak dipungkiri perayaan pergantian tahun kalender biasanya dirayakan dengan gegap gempita ditandai dengan suara terompet & dar der dor petasan/mercon yang bersahut-sahutan memekakkan telinga, diiringi semburat kembang api menebarkan kilatan cahaya warna-warni menembus gelapnya langit malam. Sugan mah teu aya we nu ngahurungkeun petasan/mercon dina mode silent atawa getar ! 🙂

Beragam acara meriah dan event-event special digelar tempat-tempat hiburan malam ataupun di hotel-hotel. Contoh di Trans Studio Bandung…sederet musisi/artis mancanegara dan Indonesia seperti George Benson, Earth Wind & Fire Experience featuring Al McKay, Noah, Nidji, Geisha, d’Masiv, Yovie & Nuno akan memeriahkan malam tahun baru di Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung..hehe…waah harusnya dapat fee nih khan turut promosi nih…(ieu mah just info wae ambeh rame, barinage saha nu bade mayarna nya..?? hehe).

Kok, penulis punya foto suasana Tahun Baru 2013? siapa yang nanya? yee, kali aja ada yang nanya..hehe…ceritanya gini, penulis sebagai PRIMUS (Pria Musyawaroh alias yang sering musyawaroh) baru pulang musyawaroh dengan bapak-bapak pengurus dari Masjid dan kebetulan jalan pulang penulis melewati Trans Studio..hehe..MODE: Menjelaskan ON.

Walaupun ada juga segelintir yang mengisi pergantian tahun dengan acara renungan, instropeksi, kilas balik dalam suasana khidmat. Namun umumnya larut dalam gempita perayaan pergantian malam tahun baru, bahkan ada yang mengisinya dengan hal-hal yang dilarang agama semisal laki-laki dan perempuan joget-jogetan sambil mabuk-mabukan, minum minuman keras, fly dan akhirnya lupa diri melakukan perbuatan lebih jauh..naudzubillah min dzalik..!!!

Melihat manfaat dan madhorotnya perayaan pergantian tahun ini maka untuk menghindari efek-efek negatif jaring-jaring kemaksiatan yang ditebar syaithon dalam berbagai acara-acara tersebut, para pengurus LDII baik di tingkat PAC, PC ataupu DPD biasanya mengadakan acara untuk menjaring para generasi muda dalam kegiatan berkoridor ibadah biasanya diisi dengan ngaji dan nasehat diselingi hiburan-hiburan unjuk kamonesan agar warga LDII khususnya para remaja/ muda-mudi tidak ikut larut dalam kegembiraan artificial (semu) dan keluyuran kemana-mana agar terhindar dari kemaksiatan. Ada yang mengadakannya di Masjid, ada juga yang di luar Masjid, namun semuanya terkontrol karena ditunggui pengurus remajanya dan wanhatnya.

” Adik-adik dan anak-anakku…silakan ikuti dengan senang gembira kegiatan dalam koridor ibadah yang disiapkan para pengurusnya masing-masing..” kegiatan-kegiatan yang di selenggarakan para pengurus, bukanlah untuk memperingati/menyambut tahun baru, namun untuk menghindarkan muda-mudi/para remaja dari pengaruh/arus negatif (keluyuran, hura-hura dll) merayakan pergantian tahun kalender…Pengorbanan Kalian meninggalkan acara-acara yang kelihatannya menyenangkan di luar sana (padahal hanya kegembiraan semu/artificial). Haqqul Yakin pengorbanan kalian akan berbuah manis dibalas ganjaran pahala dan surga oleh Allah SWT..Addunya sijnul mu’miniiin (Dunia ini memang penjara bagi yang yang beriman), kita tidak boleh bebas sebebas-bebasnya..harus senantiasa dalam format ibadah..” 

الدُّنْيَا سِجْنُ الْمُؤْمِنِ وَجَنَّةُ الْكَافِرِ   رواه الترمذى كتاب الزهد ٤ – ٥٦٢

“Dunia ini adalah penjara bagi orang beriman dan surga bagai orang yang tidak beriman”

…وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنفُسِكُمْ مِن خَيْرٍ تَجِدُواهُ عِندَ اللهِ إِنَّ اللهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيْرٌ.
“… dan apa-apa yang kalian dahulukan dari kebaikan maka kalian akan menjumpainya di sisi Alloh, sesungguhnya Alloh Maha Melihat dengan apa-apa yang kalian amalkan.”

Tahun Yang Datang Lebih Jelek (dari kacamata Agama)

Pergantian tahun baik memakai kalender masehi ataupun kalender hijriyah, yang jelas menurut sabda Rosululloh SAW bahwa tahun berganti tahun, tahun yang akan datang akan lebih jelek (dari kacamata agama) daripada tahun sebelumnya :

“Laa ya’ti alaikum aamun illa walladzii ba’dahu syarrun minhu..”
artinya : Tidak datang pada kalian suatu tahun kecuali tahun yang akan datang itu lebih jelek daripada tahun sebelumnya…

Jadi dengan pergantian tahun, cobaan bagi orang beriman termasuk anak turunnya akan makin berat karena makin rusaknya moral manusia, pelanggaran, dosa, maksiat, pergaulan bebas tanpa batas, perzinahan tersebar dimana-mana, makin banyaknya manusia larut dalam kehidupan hedonisme “hubbuddunya wakarohiyatul maut..cinta dunia dan takut mati..yang membuat umat Islam banyak tapi banyaknya hanya seperti buih banjir…

Yaa Alloh semoga engkau senantiasa melindungi kami….aamiin

Dengan berganti tahun berarti umur kita juga otomatis berkurang sebelum saatnya nanti kita ditarik dari peredaran dan tinggal kenangan bahwa kita pernah ada, so harusnya sedih ya? bukan malah dirayakan…he..

Hemm..Setiap berganti tahun mestinya kita instrospeksi ya (bahkan malah bukan nunggu tiap pergantian tahun, tapi harusnya setiap hari, setiap jam, setiap detik..yap, INTROSPEKSI TIADA HENTI“). Kita harusnya kilas balik tiap hari, tiap jam bahkan tiap detik..

Amalan apa yang perlu diperbaiki, amalan apa yang sudah baik dan perlu ditingkatkan, Alloh SWT memberi kita kesempatan hidup sudahkah kita punya “AMALAN-ANDALAN”, dan sejumlah pertanyaan lainnya yang kita tanyakan pada diri kita masing-masing…

Ya, semoga kalau kita diberi umur tahun depan, Alloh memberi umur yang barokah, nikmat Iman dan Islam, rezeki yang barokah, putra-putri yang sholih-sholihat, serta Allah senantiasa memberikan penjagaan/perlindungan, selalu dalam ridho Allah SWT…. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin

الحمد لله جزا كم الله خيرا

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

2 Comments on “Yuk, Hindarkan Adik-adik Remaja dari Kemaksiatan di Malam Tahun Baru 2014”

  1. Alhamdulillah … Saya sudah sangat mantap menjadi warga LDII sekitar 26 tahun lamanya. Sebelumnya, saya sering mengaji ke-mana2 tidak pernah merasa terpuaskan dlm menimba ilmu agama Islam. Kalau di LDII semua makna al Quran dan al Hadist (Bukhori,Muslim,ibnu Majah,Tirmizi,dll) diajarkan dengan terang benderang dg berpegangan kitab ditangan masing2 (baik guru maupun murid). Tidak ada yg direkayasa atau dikarang sendiri,tidak ada yg di-tutupi2-i, tidak ada ro’yu,tidak ada bid’ah, semua sesuai tuntunan dari ajaran yg dibawa oleh nabi Muhammad saw. Mengaji sprti cara di ldii adalah bentuk asli mengaji dlm islam. Umatnya diurusi,dipantau,dinasehati,diajari ilmu dunia dan akherat,diperhatikan jk ada jamaahnya yg kesulitan atau kena musibah, saling tolong menolong,yg mampu menolong yg kurang mampu, saling guyub dll (yg sifatnya persaudaraan). Dari masih didlm kandungan ibu sampai balita2,remaja2, anak cucu semua diajak mengaji diajak ke majelis taklim untuk menuntut ilmu agama yg telah diturunkan kpd umat Islam. Dg dmk dari kecil semua telinga dan hati terbiasa diisi dg mendengarkan ayat2 Allah dan sunahnya nabi kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.