Wamenag Prof. Dr. Nasaruddin Umar Buka Rakernas MUI 2013

Advertisements

Wamenag Prof. Dr. Nasaruddin Umar Buka Rakernas MUI 2013

Wamenag berharap MUI dapat membantu memecahkan persoalan umat

Wamenag-Prof Dr Nasaruddin Umar-Rakernas-MUI-2013

Jakarta (Pinmas)—Wakil Menteri Agama (Wamenag) Prof Dr Nasaruddin Umar membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) 2013. Dalam sambutannya, Wamenag berharap MUI dapat membantu memecahkan persoalan umat.

“ MUI diharapkan mampu menjadi solusi dari berbagai persoalan itu,” ujar Wamenag pada acara pembukaan Rakernas MUI di Jakarta, Jumat (13/9) malam. Rakernas MUI berlangsung hingga 15 September diikuti pengurus MUI pusat dan wilayah.

Wamenag mengatakan, berbagai persoalan umat terjadi saat ini seperti tingginya angka perceraian, meningkatnya aborsi, meningkatnya kawin siri, penyimpangan seksual, hingga lemahnya perlindungan konsumen Muslim. Karena itu dia mengaku miris dengan berbagai persoalan itu. Apalagi hal tersebut terjadi di Indonesia, yang merupakan penduduk Muslim terbesar di dunia. Belum lagi adanya radikalisasi dan sebagainya..

Selain itu, lanjut Nasaruddin, MUI perlu memberi definisi pada generasi muda, seperti definisi agama pada negara, negara pada agama, apa itu toleransi dan sebagainya.

“Jika kita tidak buat apa itu definisinya, kita khawatir generasi muda membuat definisinya sendiri.” ujar Wamenag

Sementara Wakil Ketua Umum MUI Din Syamsudin berharap agar Ormas maupun Umat Islam dapat bersatu dan dapat menjadi penentu Bangsa Indonesia ke depannya.

“Ormas (organisasi kemasyarakatan) dan umat hendaknya menampilkan Islam yang menjadi kekuatan penentu masa depan Indonesia,” ujar Din

Organisasi kemasyarakatan maupun umat Islam, lanjut dia, harus berperan efektif dalam perubahan yang terjadi. Menurutnya. sistem liberal yang diterapkan saat ini dapat mengancam peranan umat Islam di Tanah Air. Din juga mengharapkan Rakernas MUI bisa menjadi ajang musyawarah untuk peningkatkan kinerja organisasi.

“Peningkatan kinerja organisasi menuntut kemampuan kita untuk melakukan penyesuaian diri,” pungkasnya (ks)

sumber:  http://www.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=157577

Baca juga : http://www.jabar.ldii.or.id/rakernas-mui-2013-prof-dien-syamsudin-umat-islam-harus-bersatu/

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.