Seleksi Tilawatil Quran (STQ XIII) Jawa Barat Lombakan 3 Cabang

stq-XIII
Seleksi Tilawatil Quran STQ XIII Jawa Barat 2013

Seleksi Tilawatil Quran (STQ)-XIII tingkat Provinsi Jawa Barat yang dipusatkan di Pusat Dakwah Islam (Pusdai), Jalan Dipenogoro, Kota Bandung akan dilaksanakan pada tanggal 7-12 April. Pada STQ-XIII ini hanya akan dilombakan 3 cabang yaitu Tilawah, Tahfiz, dan Tafsir Bahasa Arab dengan 8 golongan.

Ketua Panitia STQ-XIII Jabar, Prof.Dr.KH. Asep Saeful Muhtadi menjelaskan bahwa pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran ini memang berbeda dengan MTQ. Terdapat beberapa cabang yang tidak dimusabaqahkan seperti Fahmil Quran, Syarhilquran, Khattilquran dan musabaqah menulis isi kandungan AlQuran.

Prof. Asep yang biasa disapa Asep Samu menuturkan bahwa pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran diarahkan sebagai upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap Alquran sehingga diharapkan dapat menjadikan kekuatan moral untuk kembali menghidupkan tradisi belajar membaca Alquran , saat ini kemampuan baca tulis Alquran khususnya dikalangan anak-anak dan generasi muda Muslim semakin menurun. Disamping itu, diharapkan menjadi pendorong hidupnya gerakan Masyarakat Maghrib mengaji yang dicanangkan Menteri Agama.

Lebih lanjut Asep mengatakan, untuk keperluan jangka pendek, STQ-XIII Jabar dimaksudkan untuk menjaring para peserta terbaik yang nantinya akan diikutkan dalam STQ tingkat nasional di Bangka Belitung Agustus 2013 mendatang.

Adapun cabang dan golongan yang dilombakan adalah tilawah (golongan anak-anak dan dewasa), Tahfiz (golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, 30 juz), dan Tafsir Bahasa Arab.

Rencananya pelaksanaan STQ-XIII akan dibuka secara resmi oleh Gubernur jabar Ahmad Heryawan, Minggu (7/4) malam. STQ juga akan dimeriahkan penampilan seni Islami dan pameran berbagai macam produk kreatif.  (sumber : A-125 PR) ***

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →