Pemerintah,Resmi Tetapkan Awal Puasa,Rabu 10 Juli 2013

Pemerintah, Resmi Tetapkan Awal Puasa 1 Ramadhan 1434 H pada Rabu 10 Juli 2013

JAKARTA– Pemerintah lewat Kementrian Agama (Kemenag) telah menetapkan awal Ramadhan pada Rabu, 10 Juli 2013.  Keputusan itu diambil setelah melalui sidang isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Suryadharma Ali bersama 36 organisasi masyarakat (Ormas) Islam termasuk Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Auditorium Kantor Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta, Senin (8/7/2013). Dalam sidang isbat kali ini, LDII mengutus anggota Tim Hisab Rukyat DPP LDII Drs. KH. Aceng Karimullah dan Ir. Yurinaldi dari Dewan Pakar DPP LDII.

Tidak benar pemberitaan yang menyebutkan seolah-olah ormas LDII tidak hadir dalam sidang isbat sebagaimana diberitakan di berbagai media online seperti news.detik.com, forum.tribunnews.com, rri.co.id, nasional.lintas.me, dll.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua Umum Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Abdullah Syam, mengatakan, pihaknya belum menetapkan awal Ramadhan karena masih menunggu sidang isbat. “Dalam sidang ini Kemenag telah memerintahkan LDII untuk mengamati posisi hilal di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, dan LDII memiliki teropong untuk mengamati hilal di sana, hasil pengamatan akan dilaporkan ke sidang isbat melalui telepon,” kata Abdullah Syam.

Pengamatan Hilal oleh LDII
Pengamatan Hilal oleh LDII

Berdasarkan pengamatan tim LDII kemarin sore, hilal tidak terlihat.  LDII alhamdulillah saat ini memiliki lima alat teropong sendiri.

Positive hilal tidak terlihat kemarin sore
LDII turut mengamati hilal

Sebagai kesungguhan LDII mengenai hisab dan rukyat ini, Majlis Taujih wal Irsad Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) bersama Kemenag sebelumnya telah mengadakan pelatihan hisab dan rukyat yang berlangsung tiga tahap sejak bulan Februari 2013 selama 3 hari, dilanjutkaan kemudian pada bulan April  bertempat di observatorium Boscha Lembang Bandung dan terakhir bulan Juni 2013 di Rumah Besar kantor DPP LDII Jalan Arteri tentara pelajar no 28 Patal Senayan Jakarta Selatan. Hadir sebagai narasumber DR.Izzudin, Drs. Ismail dari Kemenag, Ir. Hendro Setyono MSi dari Laajnah Falaaqiyah Nahdatul Ulama, Cecep Nurwenda dari BHR Kemenag RI.

Dan, untuk menunjang kelancaran dan kefalidan hasil penglihatan bulan, Majlis Taujih Wal Irsad DPP LDII telah memiliki lima alat teropong yang akan digunnakan untuk merukyat hilal di titik-titik yang sudahh ditentukan seperti, pelabuhan ratu, tanjung kodok lamongan dan pantai belitar. (baca : http://www.ldii.or.id/news/76-organisasi/1172-majlis-taujih-wal-irsad-ldii-bersama-kemenag-latihan-hisab-rukyah.html)

Setelah mengumpulkan laporan hasil pengamatan hilal di 33 provinsi termasuk pemaparan peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin dan dari Planetarium Jakarta, serta pandangan dari berbagai ormas yang hadir, akhirnya pemerintah memutuskan awal puasa jatuh pada Rabu (10/7/13). Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI Muchtar Ali mengatakan bahwa dari hasil pengamatan hilal yang dilakukan tim dari Kementerian Agama RI, laporan rukyat dari 36 orang di 33 provinsi, semua menyatakan tidak dapat melihat hilal saat ini. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengatakan saat ini tinggi/irtifa’ hilal baru mencapai 0,65 derajat, sebab itu awal ramadhan lusa (Rabu 10 Juli 2013).

Jadi secara resmi pemerintah sebagai ulil amri kita, telah menetapkan 1 Ramadhan 1434 H jatuh pada hari Rabu 10 Juli 2013.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga Alloh memberikan kita kekuatan, keshobaran, rizqi yang melimpah barokah dan sukses melaksanakan ibadah puasa ini.Aamiin.

LDII mengajak mari kira raih 5 SUKSES RAMADHAN yaitu Sukses Puasa (full kecuali ada udzur), Sukses  Tarawih/sholat malam (tidak terlewat), Sukses Membaca Alquran (diusahakan bisa khatam minimal 1x, yang masih belajar bisa menjadi lancar), Sukses Lailatul Qadar (dapat kita raih di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan) dan Sukses Zakat Fitrah (bisa menunaikan kewajiban zakat fitrah).

5 Sukses Ramadhan | DPP LDII
5 Sukses Ramadhan | DPP LDII

 

 

 

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

2 Comments on “Pemerintah,Resmi Tetapkan Awal Puasa,Rabu 10 Juli 2013”

  1. JLN. BLK FACTORY (GM) – Mayoritas negara-negara Muslim di seluruh dunia menetapkan hari Rabu (10/7/2013) sebagai hari awal bulan Ramadhan 1434 H dan hari dimulainya ibadah puasa. Beberapa lainnya menetapkan hari Selasa (9/7/2013) sebagai awal mula Ramadhan.

    Demikian dilansir kantor berita Kuwait KUNA (9/7/2013). Dewan Kerajaan Saudi Arabia mengumumkan secara resmi jika hari Selasa ini merupakan hari terakhir yang menyempurnakan bulan Sya’ban, dan Rabu merupakan awal bulan Ramadhan.

    Pengumuman serupa juga disampaikan oleh Dewan Fatwa Mesir setelah melakukan proses rukyah di beberapa titik di negara itu, namun tidak dilihatnya tanda-tanda kemunculan hilal atau anak bulan sabit sebagai pertanda awal bulan.

    Dewan Wakaf Sunni dan Dewan Fikih Irak di Baghdad juga mengumumkan kebijakan serupa. Irak akan memulai puasa pada Rabu esok.

    Beberapa negara Arab lainnya seperti Kuwait, Yaman, Qatar, Emirat, Oman, Palestina, Lebanon, Jordan, Aljazair, Tunis, Maroko dan Sudan juga memaklumkan pengumuman serupa. Negara-negara Muslim di luar Arab lainnya, seperti Pakistan, Malaysia, Brunei dan Indonesia juga menetapkan keputusan yang sama.

    http://www.klik-galamedia.com/negara-muslim-mayoritas-mulai-puasa-rabu-10-juli

  2. Alhamdulillah kita masih ketemu bulan puasa dan dapat melaksanakan dengan sempurna,mudah2an bertambah keimanan kita pada saat puasa tahun ini amin3x
    Amal sholeh saya minta alamat masjid yg dekat dengan jalan pramuka jakarta,karena saya dari surabaya dan akan ke jakarta saat lailatul qodar nanti.Jadi saya ingin melaksanakan ikhtikaf.
    Dengan ini saya sukuri alhamdulillah jakallahukhoiroh.
    Jawabannya sangat saya harapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.