Sejarah LDII

logo-ldii

Tulisan ini tentang apa itu LDII ( Lembaga Dakwah Islam Indonesia dan Bagaimana Sejarah LDII ? LDII merupakan salah satu ormas Islam berbadan hukum yang resmi dan legal,  LDII memiliki Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), Program kerja dan Pengurus mulai dari tingkat Pusat s.d tingkat Desa.  LDII berdiri pada 3 Januari 1972 dan Alhamdulillah eksis hingga sekarang.

sejarah ldiiLembaga Dakwah Islam Indonesia disingkat LDII, merupakan organisasi dakwah kemasyarakatan di wilayah Republik Indonesia. Sesuai dengan visi, misi, tugas pokok dan fungsinya, LDII mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas peradaban, hidup, harkat dan martabat kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta turut serta dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa guna terwujudnya masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan sosial berdasarkan Pancasila, yang diridhoi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Awal mulanya, LDII bernama YAKARI (Yayasan Lembaga Karyawan Islam), kemudian berganti nama menjadi LEMKARI (Lembaga Karyawan Islam) dan akhirnya berganti nama lagi menjadi LDII, karena nama LEMKARI dianggap sama dengan akronim dari Lembaga Karate-Do Indonesia.

LDII adalah organisasi yang independen, resmi dan legal mengikuti ketentuan sebagai berikut :

  1. Undang-undang No. 8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan.
  2. Pasal 9 ayat (2), tanggal 4 April 1986 (Lembaran Negara RI 1986 nomor 24), serta pelaksanaannya meliputi PP No. 18 tahun 1986.
  3. Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 5 tahun 1986.
  4. dan aturan hukum lainnya .

LDII memiliki Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), Program Kerja dan Pengurus mulai dari tingkat Pusat sampai dengan tingkat Desa. LDII sudah tercatat di Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbang & Linmas) Departemen Dalam Negeri .

LDII merupakan bagian komponen Bangsa Indonesia yang berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila dan UUD 45.

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) berdiri sesuai dengan cita-cita para ulama perintisnya yaitu sebagai wadah umat Islam untuk mempelajari, mengamalkan dan menyebarkan ajaran Islam secara murni berdasarkan Alquran dan Hadis, dengan latar belakang budaya masyarakat Indonesia, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Sejarah Berdirinya LDII

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) pertama kali berdiri pada 3 Januari 1972 di Surabaya, Jawa Timur dengan nama Yayasan Lembaga Karyawan Islam (YAKARI).

Pada Musyawarah Besar (Mubes) tahun 1981 namanya diganti menjadi Lembaga Karyawan Islam (LEMKARI), dan pada Mubes tahun 1990, atas dasar Pidato Pengarahan Bapak Sudarmono, SH. selaku Wakil Presiden dan Bapak Jenderal Rudini sebagai Mendagri waktu itu, serta masukan baik pada sidang-sidang komisi maupun sidang Paripurna dalam Musyawarah Besar IV LEMKARI tahun 1990, selanjutnya perubahan nama tersebut ditetapkan dalam keputusan, MUBES IV LEMKARI No. VI/MUBES-IV/ LEMKARI/1990, Pasal 3, yaitu mengubah nama organisasi dari Lembaga Karyawan Dakwah Islam yang disingkat LEMKARI yang sama dengan akronim LEMKARI (Lembaga Karate-Do Indonesia), diubah menjadi Lembaga Dakwah Islam Indonesia, yang disingkat LDII.

Pendiri LDII

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yang pada awal mula berdirinya pada 3 Januari 1972 di Surabaya, Jawa Timur bernama Yayasan Lembaga Karyawan Islam (YAKARI) yang kemudian diubah menjadi Lembaga Karyawan Islam (LEMKARI) didirikan oleh :

  1. Drs. Nur Hasyim
  2. Drs. Edi Masyadi
  3. Drs. Bahroni Hertanto
  4. Soetojo Wirjo Atmodjo BA.
  5. Wijono BA.

Badan Hukum LDII sebagai Ormas

Dasarnya, yaitu Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. AHU-18. AH.01.06. Tahun. 2008, Tanggal, 20 Februari 2008.

Isi Keputusan:

PERTAMA: Memberikan Pengesahan Akta Pendirian: LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA disingkat LDII, NPWP. 02.414.788.6-036.000 berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia, sebagaimana anggaran dasarnya termuat dalam AKTA Nomor 01 tanggal 03 Januari 1972 yang dibuat oleh Notaris Mudijomo berkedudukan di Surabaya dan Akta Nomor 13 Tanggal 27 September 2007, yang dibuat di hadapan Notaris Gunawan Wibisono, SH, berkedudukan di Surabaya dan oleh karena itu mengakui lembaga tersebut sebagai badan hukum pada hari pengumuman anggaran dasarnya dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia.

KEDUA: Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Motto LDII

Ada 3 Motto LDII, ialah :

1. Yang artinya: “Dan hendaklah ada di antara kamu sekalian segolongan yang mengajak kepada kebajikan dan menyuruh pada yang ma’ruf (perbuatan baik) dan mencegah dari yang munkar (perbuatan tercela), mereka itulah orang-orang yang beruntung”. (QS. Ali Imron, No. Surat: 3, Ayat: 104).

2. Yang artinya: “Katakanlah inilah jalan (agama) – Ku, dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah (dalil/dasar hukum) yang nyata. Maha suci Allah dan aku tidak termasuk golongan orang yang musyrik”. (QS. Yusuf, No.Surat: 12, Ayat: 108).

3. Yang artinya: “Serulah (semua manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan yang lebih baik”. (QS. An-Nahl, No.Surat: 16, Ayat: 125).

Kegiatan LDII

Bidang Pendidikan Keterampilan, Kepemudaan, dan Olahraga

Dalam bidang Pendidikan Keterampilan, Kepemudaan dan Olahraga, LDII menyelenggarakan kursus keorganisasian, keterampilan, perkemahan pemuda dan kegiatan Pramuka. Dalam bidang olahraga, di antaranya menyelenggarakan Pencak Silat Persinas ASAD (Ampuh Sehat Aman Damai) yang sudah menjadi anggota IPSI, sudah mengikuti turnamen Pencak Silat tingkat Nasional, turnamen sepak bola sampai tingkat Nasional dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tahun-tahun 1991, 1994, dan 1996, 2000 dan 2002.

Bidang Ekonomi

LDII peduli dan turut serta dalam pemberdayaan ekonomi rakyat dengan uji coba mengadakan kegiatan Usaha Bersama (UB) yang berbasis di tingkat Pimpinan Cabang ( PC) yang berada di tingkat kecamatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sumber Pendanaan LDII

Di dalam membiayai segala macam aktivitasnya menurut ketentuan ART organisasi pasal 30, LDII mendapatkan dana dari sumbangan yang tidak mengikat. Sebagian besar dana sumbangan dikumpulkan dari warga LDII sendiri (swadana). Selain dari warganya, LDII juga menerima sumbangan dalam berbagai bentuk dari perorangan, pihak swasta maupun pemerintah Republik Indonesia.

Metode Pengajaran LDII

LDII menggunakan metode pengajian tradisional, yaitu guru-guru yang berasal dari beberapa alumni pondok pesantren kenamaan, seperti: Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo, Tebu Ireng di Jombang, Kebarongan di Banyuwangi, Langitan di Tuban, dll. Mereka bersama-sama mempelajari ataupun bermusyawarah beberapa waktu terlebih dahulu sebelum menyampaikan pelajaran dari Alquran dan Hadis kepada para jama’ah pengajian rutin atau kepada para santriwan dan santriwati di pondok-pondok LDII, untuk menjaga supaya tidak terjadi kekeliruan dalam memberikan penjelasan tentang pemahaman Alquran dan Hadis. Kemudian guru mengajar murid secara langsung ( manquul ) baik bacaan, makna (diterjemahkan secara harfiyah), dan keterangan, dan untuk bacaan Alquran memakai ketentuan tajwid.

Apakah yang Dimaksud dengan “Manquul?” “Manquul” berasal dari bahasa Arab, yaitu “Naqola-Yanqulu”, yang artinya “pindah”. Maka ilmu yang manquul adalah ilmu yang dipindahkan / transfer dari guru kepada murid. Dengan kata lain, Manqul artinya berguru, yaitu terjadinya pemindahan ilmu dari guru kepada murid. Dasarnya adalah sabda Nabi Muhammad dalam Hadis Abu Daud, yang berbunyi:

Yang artinya: “Kamu sekalian mendengarkan dan didengarkan dari kamu sekalian dan didengar dari orang yang mendengarkan dari kamu sekalian”.

Dalam pelajaran tafsir, “Tafsir Manquul” berarti mentafsirkan suatu ayat Alquran dengan ayat Alquran lainnya, mentafsirkan ayat Alquran dengan Hadis, atau mentafsirkan Alquran dengan fatwa shohabat. Dalam ilmu Hadis, “manquul” berarti belajar Hadis dari guru yang mempunyai isnad (sandaran guru) sampai kepada Nabi Muhammad.

Dasarnya adalah ucapan Abdulloh bin Mubarok dalam Muqoddimah Hadis Muslim, yang berbunyi: Yang artinya: “Isnad itu termasuk agama, seandainya tidak ada isnad niscaya orang akan berkata menurut sekehendaknya sendiri”.

Dengan mengaji yang benar yakni dengan cara manqul, musnad dan mutashil (persambungan dari guru ke guru berikutnya sampai kepada shohabat dan sampai kepada Nabi Muhammad), maka secepatnya kita dapat menguasai ilmu Alquran dan Hadis dengan mudah dan benar. Dengan demikian, kita segera dapat mengamalkan apa yang terkandung di dalam Alquran dan hadis sebagai pedoman ibadah kita. Dan sudah barang tentu penafsiran Alquran harus mengikuti apa yang telah ditafsirkan oleh Nabi Muhammad.

Aktivitas Pengajian LDII

LDII menyelenggarakan pengajian Al Qur’an dan Al Hadits dengan rutinitas kegiatan yang cukup tinggi. Di tingkat PAC (Desa/Kelurahan) umumnya pengajian diadakan 2-3 kali seminggu, sedangkan di tingkat PC (Kecamatan) diadakan pengajian seminggu sekali.

Untuk memahamkan ajarannya, LDII mempunyai program pembinaan cabe rawit (usia prasekolah sampai SD) yang terkoordinasi diseluruh masjid LDII. Selain pengajian umum, juga ada pengajian khusus remaja dan pemuda, pengajian khusus Ibu-ibu, dan bahkan pengajian khusus Manula/Lanjut usia.Ada juga pengajian usia mandiri. 

Disamping itu ada pula pengajian yang sifatnya tertutup, juga pengajian terbuka. Pada musim liburan sering diadakan Kegiatan Pengkhataman Alquran dan hadis selama beberapa hari yang biasa diikuti anak-anak warga LDII dan non LDII untuk mengisi waktu liburan mereka. Dalam pengajian ini pula diberi pemahaman kepada peserta didik tentang bagaimana pentingnya dan pahalanya orang yang mau belajar dan mengamalkan Alquran dan hadis dalam keseharian mereka. 

LDII mengadakan berbagai forum tipe pengajian berdasarkan kelompok usia dan gender antara lain ;

1. Pengajian “Majlis Ta’lim” tingkat PAC

Pengajian ini diadakan rutin 2 – 3 kali dalam seminggu di masjid-masjid, mushalla-mushala atau surau-surau yang ada hampir di setiap desa di Indonesia. Setiap kelompok PAC biasanya terdiri 50 sampai 100 orang jamaah.

Materi pengajian di tingkat majlis ta’lim ini yaitu Quran (bacaan, terjemahan dan keterangan), hadis-hadis himpunan dan nasihat agama.

Dalam forum ini pula jamaah LDII diajari hafalan-hafalan doa, dalil-dalil Quran Hadis dan hafalan surat–surat pendek ALquran. Dalam forum pengajian kelompok tingkat PAC ini jamaah juga dikoreksi amalan ibadahnya seperti praktik berwudu dan salat agar sesuai dengan hasil mengaji.

2. Pengajian Cabe Rawit (pengajian TPA)

Pengembangan mental agama dan akhlakul karimah dimulai sejak usia dini. Masa kanak-kanak merupakan pondasi utama dalam pembentukan keimanan dan akhlak umat, sebab pada usia dini seorang anak mudah dibentuk dan diarahkan. Pengajian Cabe Rawit diadakan setiap hari di tingkat PAC dengan materi antara lain bacaan iqro’ atau Tilawati dan Al Quran, menulis pegon, hafalan doa-doa dan surat-surat pendek Al Quran, serta pendidikan akhlakul karimah. Pada akhir semester, anak-anak akan dievaluasi perkembangannya selama mengikuti pengajian Cabe Rawit. Evaluasi tersebut dapat berupa ujian tertulis dan praktek atau dalam bentuk festival anak shaleh (FAS). Forum pengajian Caberawit juga diselingi dengan rekreasi dan bermain.

3. Pengajian Muda-mudi

Muda-mudi atau usia remaja perlu mendapat perhatian khusus dalam pembinaan mental agama. Pada usia ini pola pikir anak mulai berkembang dan pengaruh negatif pergaulan dan lingkungan semakin kuat. Karena itu pada masa ini perlu menjaga dan membentengi para remaja dengan kepahaman agama yang memadai agar generasi muda LDII tidak terjerumus dalam perbuatan maksiat, dosa-dosa dan pelanggaran agama yang dapat merugikan masa depan mereka. Sebagai bentuk kesungguhan dalam membina generasi muda, LDII telah membentuk Tim Penggerak Pembina Generus (TPPG) yang terdiri dari pakar pendidikan dan ahli psikologi. Pembinaan generasi muda dalam LDII setidaknya memiliki 3 sasaran yaitu :

  • Menjadikan generasi muda yang sholeh, alim (banyak ilmunya) dan fakih dalam beribadah.
  • Menjadikan generasi muda yang berakhlakul karimah (berbudi pekerti luhur), berwatak jujur, amanah, sopan dan hormat kepada orang tua dan orang lain
  • Menjadikan generasi muda yang tertib, disiplin, trampil dalam bekerja dan bisa hidup mandiri

4. Pengajian Wanita/ibu-ibu

Para wanita, ibu-ibu dan remaja putri perlu diberi wadah khusus dalam pembinaan keimanan dan peningkatan kepahaman agama, mengingat kebanyakan penghuni neraka adalah kaum ibu/wanita. Sabda Rasulullah SAW:

“Diperlihatkan padaku Neraka, maka ketika itu kebanyakan penghuninya adalah wanita.” Hadis riwayat Bukhori dalam Kitabu al-Imaan

Selain itu banyak persoalan khusus dalam agama Islam menyangkut peran wanita dan para ibu. Haid, kehamilan, nifas, bersuci (menjaga najis), mendidik dan membina anak, melayani dan mengelola keluarga merupakan persoalan khusus wanita dan ibu-ibu. Disamping memberikan kerampilan beribadah forum pengajian Wanita / ibu-ibu LDII juga memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis tentang keputrian yang berguna untuk bekal hidup sehari-hari dan menunjang penghasilan keluarga.

5. Pengajian Lansia

Para Lansia perlu mendapatkan perhatian khusus mengingat pada usia senja diharapkan umat muslim lebih mendekatkan diri kepada Allah sebagai persiapan menghadap kepada Ilahi dalam keadaan khusnul khotimah. “Sesungguhnya pengamalan itu dilihat dari akhirnya”

6. Pengajian Umum

Pengajian umum merupakan forum gabungan antara beberapa jamaah PAC dan PC LDII. Pengajian ini juga merupakan wadah silaturahim antar jamaah LDII untuk membina kerukunan dan kekompakan antar jamaah.

Semua pengajian LDII bersifat terbuka untuk umum, siapapun boleh datang mengikuti setiap pengajian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sumber Hukum LDII

Sumber hukum LDII adalah Alquran dan Hadis. Dalam memahami Alquran dan Hadis, ulama LDII juga menggunakan ilmu alat seperti ilmu nahwu, shorof, badi’, ma’ani, bayan, mantek, balaghoh, usul fiqih, mustholahul-hadits dan sebagainya.

Ibarat orang akan mencari ikan perlu sekali menggunakan alat untuk mempermudah menangkap ikan, seperti jala ikan. Perumpamaannya adalah seperti orang yang akan mencari jarum di dalam sumur perlu menggunakan besi semberani. Untuk memahami arti dan maksud ayat-ayat Alquran tidak cukup hanya dengan penguasaan dalam bahasa ataupun ilmu shorof. Alquran memang berbahasa Arab tapi tidak berarti orang yang mampu berbahasa Arab akan mampu pula memahami arti dan maksud dari ayat-ayat Al-Qur’an dengan benar. Penguasaan di bidang bahasa Arab hanyalah salah satu kemampuan yang patut dimiliki oleh seorang da’i atau muballigh, begitupun ilmu alat (nahwu shorof).

Di LDII untuk memahami arti dan maksud dari ayat-ayat Alquran maka para da’i ataupun para muballigh / ghoh telah memiliki kemampuan-kemampuan sebagaimana berikut :

1. Ilmu Balaghoh, yaitu ilmu yang dapat membantu untuk memahami dan menentukan mana ayat-ayat yang mansukh (diganti/ralat) dan mana ayat-ayat yang nasikh (gantinya), dan mana ayat-ayat yang merupakan petunjuk larangan (pencegahan).

2. Ilmu Asbabun Nuzul, yaitu ilmu yang membahas sebab-musabab turunnya ayat-ayat Alquran. Dengan ilmu tersebut dapat diketahui situasi dan kondisi bagaimana dan kapan serta di mana ayat suci Alquran diturunkan.

3. Ilmu Kalam, yaitu ilmu tauhid yang membicarakan tentang keesaan Allah, sekaligus membicarakan sifat-sifat-Nya.

4. Ilmu Qiro’at, yaitu ilmu yang membahas macam-macam bacaan yang telah diterima dari Nabi Muhammad (Qiro’atus Sab’ah).

5. Ilmu Tajwid, yaitu ilmu yang membahas cara-cara yang benar dalam membaca Alquran.

6. Ilmu Wujuh Wan-Nadzair, yaitu ilmu yang menerangkan kata-kata dalam Alquran yang mempunyai arti banyak.

7. Ilmu Ghoribil Quran, yaitu ilmu yang menerangkan makna kata-kata yang ganjil yang tidak terdapat dalam kitab-kitab biasa atau tidak juga terdapat dalam percakapan sehari-hari.

8. Ilmu Ma’rifatul Muhkam Wal Mutasyabih, yaitu ilmu yang menerangkan ayat-ayat hukum dan ayat-ayat yang mutasyabihah.

9. Ilmu Tanasubi Ayatil Quran, yaitu ilmu yang membahas persesuaian/kaitan antara satu ayat dalam Alquran dengan ayat yang sebelum dan sesudahnya.

10. Ilmu Amtsalil Quran, yaitu ilmu yang membahas segala perumpamaan atau permisalan.

Pondok Pesantren LDII

LDII memiliki banyak pondok pesantren. setiap provinsi, LDII memiliki minimal 1 atau 2 pondok pesantren mini. Pondok pesantren LDII di antaranya sebagai berikut :

Nama Pondok PesantrenLokasi
Pondok Pesantren Al Manshurin Metro LampungJl. Merica I No. 17 Iringmulyo Metro Timur, Metro, Bandar Lampung
Pondok Pesantren Sumber Barokah KarawangJl. Raya Tljambe No. 05 Tromol Pos 1/Tlj Desa Wadas Kec. Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat
Pondok Pesantren Budi Luhur SragenJl. Raya Solo – Sragen KM 15 Kampung Gronong Desa Sidodadi Kecamatan Masaran, Sragen, Jawa Tengah
Pondok Pesantren An Nur Sragen Jawa TengahJl. Raya Karanganyar-Sragen Desa Gudang Kapuk Kecamatan Sragen Wetan, Sragen, Jawa Tengah
Pondok Pesantren Budi Utomo SurakartaKampung Sekip, Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah
Pondok Pesantren Mulya Abadi Mulungan YogyakartaJl. Baru Mulungan, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Pondok Pesantren Walibarokah Burengan Banjaran KediriJalan HOS Cokroaminoto 195, Kediri, Jawa Timur
Pondok Pesantren Mellenium AlfinaJalan Merdeka Timur PO Box 245 Desa Lengkong Kecamatan Lengkong, Nganjuk, Jawa Timur
Pondok Pesantren Nurul Hakim KediriDusun Kaliawen Barat, Desa Ngino, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
Pondok Pesantren Al Barokah SidoarjoDesa Seruni Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur
Pondok Pesantren Gading Mangu Perak JombangDesa Gading Mangu Perak, Jombang, Jawa Timur
Pondok Pesantren Nurul Azizah Balongjeruk KediriDesa Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kediri, Jawa Timur
Pondok Pesantren LDII BlaweDesa Blawe, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
Pondok Pesantren Baitul Makmur WonosalamDusun Mangir Rejo, Desa Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Pondok Pesantren Sabilurrosyidin SurabayaJl. Gayungan 7 No. 11, Surabaya, Jawa Timur
Pondok Pesantren Bairuha Balikpapan Kalimantan TimurJl. Guntur Damai RT 38 Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kalimantan Timur
Pondok pesantren Aziziyah SamarindaJl. Panjaitan Gg Bugis, Kp Bugis, Samarinda Ulu, Samarinda, Kalimantan Timur
Pondok Pesantren Nurul Islam SamarindaJl. Wolter Monginsidi RT 22 Gg.7 No.17 Samarinda, Kalimantan Timur
Pondok Pesantren Al Hidayah Lok Tabat Selatan BanjarbaruJl. Sidodadi II RT 11/5 Lok Tabat Selatan Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Pondok Pesantren Walibarokah Burengan Banjaran Kediri adalah salah satu pondok pesantren besar di Indonesia. Ponpes ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran para santri.

Secara umum dapat dikatakan bahwa Pondok Pesantren Walibarokah Burengan Banjaran Kediri memiliki kapasitas untuk menampung santri mukim sebanyak sekitar 2000 orang baik laki-laki maupun perempuan dan sekitar 50 orang pengurus dan guru pondok beserta keluarganya.

Bangunan-bangunan pondok terletak di atas tanah seluas 3,4 hektare yang terdiri dari antara lain: kantor pondok 2 lantai, bangunan parkir 7 lantai, gedung Aula Wali Barokah 3 lantai, Gedung DMC Asrama Putra 50 kamar 3 lantai, Asrama Putri 70 kamar 3 lantai, Masjid Baitil A’la 3 lantai, Menara Agung setinggi 99 meter kubah berlapis emas seberat 60 kg, bangunan kamar tamu umum pria 2 lantai, kamar tamu umum wanita, kamar tamu Wisma Tenteram, Gedung Pengajian, Kantor Organisasi LDII, bangunan rumah para pengasuh dan pengajar, Unit Kesehatan Pria, Unit Kesehatan Wanita, Dapur Asrama, ruang makan tamu, ruang olahraga fitness, lapangan olahraga tenis lantai dan berbagai unit bangunan lain seperti dapur kamar mandi, ruang tamu dan sebagainya.

Beberapa dari gedung-gedung itu penggunaanya diresmikan oleh para pejabat negara seperti Gedung Aula Wali Barokah diresmikan oleh Menteri Siswono Yudho Usodo.

Untuk melengkapi artikel tulisan sejarah LDII ini, kami cuplikan sebuah film dokumenter :

Film Dokumenter Sejarah LDII, kiprah dan kontribusi LDII terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Sejarah LDII – Sebuah film dokumenter mengenai penulisan sebuah buku sejarah…
Yang akan meluruskan pemberitaan dan informasi yang tidak benar…
Yang akan mendudukan persoalan pada posisi sebenarnya…
Sebuah buku yang berisi kiprah dan kontribusi LDII terhadap bangsa dan negara tercinta.

Itulah sejarah LDII, apa dan bagaimana LDII itu, apa saja kegiatannya, dll. 

In syaa Allah, LDII akan terus berdakwah, berkarya, berkomunikasi dan berkontribusi terhadap masyarakat, bangsa dan negara kita Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai ini.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 Sumber

Untuk mengetahui info & kegiatan LDII secara nasional  silakan bisa melihat situs resmi DPP LDII yaitu http://www.ldii.or.id/

Sementara, info LDII di ensiklopedia-Wikipedia bahasa Indonesia, silakan kunjungi tautan berikut : http://id.wikipedia.org/wiki/Lembaga_Dakwah_Islam_Indonesia

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

183 Comments on “Sejarah LDII”

  1. Berdasarkan data pada Munas VI tahun 2005, LDII secara nasional sudah ada di:
    • 32 DPD Propinsi;
    • 302 DPD Kabupaten dan Kota;
    • 1637 PC (Pimpinan Cabang) di Kecamatan;
    • 4500 PAC (Pimpinan Anak Cabang) di Desa/Kelurahan.
    Sementara LDII di Jawa Barat kepengurusan, keberadaannya sudah ada di 26 Kabupaten/Kota, 291 Pimpinan Cabang (PC) dan 276 Pimpinan Anak Cabang (PAC).
    Pertanyaan saya : Bagaimana sudah ada data terbaru mengenai hal diatas untuk tahun 2011….? Alhamdulillaah Jazaakumulloohu khoiroo…

  2. Menurut data diatas :
    Sementara LDII di Jawa Barat yang diresmikan pada tanggal 20 Februari 1976 di Gedung KOLOGDAM Bandung yang telah menjalani beberapa kali kepengurusan, keberadaannya sudah ada di 26 Kabupaten/Kota, 291 Pimpinan Cabang (PC) dan 276 Pimpinan Anak Cabang (PAC).
    Comment saya :
    1) Ada kesalahan data, mana mungkin jumlah PC lebih banyak dari jumlah PAC…….?
    2) Apakah situs LDII Jabar ini ada ‘kuncen’nya, yang harus selalu meng’update’ isinya…..? Pertanyaan saya terdahulu belum mendapat tanggapan apa-apa. Sayang situs sebaik ini kalau tidak dikelola dengan baik…………….

  3. As saya sangat setuju dengan usulan kang Doddy Ruswandi untuk situs LDII Jabar dikelolaan baik seolalu di ‘update’ secara periodik sehingga mempunyai berita-berita & informasinya ‘uptodate’ thank so much.ahjzkh

    1. @Pak Hadi,S.Pd…btw Bapak berlokasi dimana…? Bapak Ketum sering Tatap Muka ke DPW-DPW lho pak, kalau ke DPW Jabar sdh beberapa kali ke Bandung…bisa juga Bapak ketemu beliau saat konsolidasi organisasi tiap bulan di pondok gede jkt….salam2..

  4. @Pak Doddy Ruswandi nu bageur dan Pak Rasino yang perhatian…mangga sumuhun ajzkh atas masukan dan koreksinya, kesalahan data telah diperbaiki…ingsyaAlloh akan terus kami update berita/info-infonya, semoga Alloh paring ASLBB…aamiin

    1. kalau dkt Unpad Dipatiukur bisa ke dago pojok seberang hotel sheraton (agak ke dalam), adapun UPI msjd yg dikelola LDII ada di Jl.Bijaksana II (sederhana) blkng bioskop bison…ntar kalau ada yg lebih deket lagi kami infokan ya…

      1. min, amsol kirimin cp msjid ldii yg di dago pojok, sya kuliah di STKS bandung. kalo gk salah nma msjidnya., al irsyad. kirim lwat email y ..ajkk

  5. assalamu’alaikum.wr.wb…

    alamat masjid di daerah cidahu-kuningan cirebon dimana ya ?? alhamdulillah jazakaullahu khoiroh.

  6. Urgent
    as wr wb.. minta alamat LDII di bandung dan jakarta… rencana mau dipakai perjalanan di hari lebaran 2013 (AJKK-JM Ponorogo)

  7. Assalamu’alaikum,saya akan ke itb tanggal 24, dan nginap di hotel nalendra jl. cihampelas, mohon amalsholeh di beri alamat masjid yang ada di dekat itb,alhamdulillahi jazza kumullohu khoiro

  8. As.wr.wb.saya dari Jakarta ada tugas kerja di jl.Holis dekat centra penjualan kain.amsol sholat jum’at dimasjid mana yg terdekat.alhamdulilah jzkhoiroh.

    1. wa alaikumussalam wrwb, di jalan kebon gedang sekitar 100 mtr dari jalan raya, di depan PSM..dari stasiun kiaracondong ke arah pasar kiaracondong ntar ketemu jalan PSM, di seberangnya udah jln kebon gedang di sebelah BCA…salam2

  9. Assalamualaikum,punten kalao mesjid dekat pasar kordon buah batu dimana y?nama mesjid?kalau bisa dengan jadwal ngajinya kapan aja?ajzkh.

  10. assalamualaikum, saya didaerah cawang, tepatnya dijalan letjen MT.haryono (belakang gedung hutama karya). masjid yg dekat dengan daerah saya dimana ya pak/bu? jzkh

  11. Assalamualaikum…..saya tertarik ingin menjadi jamaah LDII….mohon info masjid LDII disekitar jl. Sulaksana bandung agar saya bs bljr n mendapat bimbingan, saya dapat dihubungi di no 081910033453…mohon petunjuk n bimbingannya ….terimakasih

    1. wa alaikumussalam wrwb,
      mangga ingsyaAllah kami carikan yang terdekat dan ingsyaAllah bisa kami kirimkan mubaligh/mubalighoh untuk beramal shalih mengajar ke rumah…mangga nanti diatur saja mau datang atau didatangi…

      Semoga Allah memberi kelancaran dan kebarokahan..aamiin

    2. wa alaikumussalam wrwb,
      mangga ingsyaAllah kami carikan yang terdekat dan ingsyaAllah bisa kami kirimkan mubaligh/mubalighoh untuk beramal shalih mengajar ke rumah…mangga nanti diatur saja mau datang atau didatangi…kalau tidak salah jalan sulaksana itu di dekat STIKES Bandung ya?yang ke arah cicaheum..?

      Semoga Allah memberi kelancaran dan kebarokahan..aamiin

  12. asslmkum wr wb. amal sholih dibantu untuk alamat masjid LDII di daerah Mundu Indramayu, dan cirebon kota. alhmdulilh jazakumullohu khoiro

  13. assalmlkum..
    bpk/ibu yth.
    saya minta petunjuk dan info nya. Sekrang teman saya dr aceh lg ada kegiatan sekolah ke daerah CIANJUR.
    lokasi (VEDCA/P4TK Pertanian Cianjur).
    mhon info utk tempat pengajian terdekat dgn lokasi itu. karna sdah 2 hari teman saya nyari tempat pengajian..
    di tunggu jwbn nya.
    aljzkh..

  14. assalamu’alaikum.wr.wb. Boleh minta alamat masjid terdekat di daerah komplek setrasari mall-sukajadi dimana ya? alhamdulillah jazakaullahu khoiroh.

  15. assalamu’alaikum.wr.wb.
    sedulur sekalian ada yang tau warga LDII yang kerja di pt Honda Prospect Motor (kerawang timur)
    saya pingin ngobrol2 aja, siapa tau ada yng satu tempat kerjaan dgn saya

    saya tinggal di daerah kerawang barat, kompleks Ruko Galuh Mas. dekat dengan Mall Kerawang Central Plaza.
    saya mau nyari mesjid terdekat nih di daerah sana.
    udah seminggu ini mau ngaji tapi belom nemu tempatnya.
    wes pusing iki ora ngaji-ngaji hehe

    kalau ada yg tau info di atas baik mesjid terdekat ataupun sedulur sekalian yang sama tempat kerjaannya
    mohon kontak saya 085732474903
    suqron_dwi@ymail.com

    di tunggu infonya

    alhamdulillah jazakallahu khoiro.

  16. Sya mau tnya alamat masjid yang paling dekat dg kampus ITB itu dmna…???
    Alhamdulillah jaza kumullohu khoiro.
    info klo bsa scpatx ya, sya tggu

    1. ke jalan Tubagus Ismail atau ke Dago Pojok seberang sheraton inn setelah polman…lebih deketan ingsyaAllah ke Tubagus Ismail, setelah simpang dago sekitar 100 mtr sebelah kanan Jalan Ry, kalau tidak salah dari jalan Raya sekitar 200 meteran…

  17. Saya ada kerjaan di Hotel Hilton dekat Stasiun Hall kamis pagi 20 Maret 2014, perlu jujukan yang terdekat, tolong info donk. ajkh.

    1. maaf yang ditanyakan dik Oliv (Vi el), PPM yang dimana ya? Unpad dan UPI cukup berjauhan. PPM Nurul Hakim sangat dekat dengan PPM Nurul Hakim, kalau naik motor hanya +- 5 menit, namun kalau dari PPM NH ke UPI (di Jalan Setiabudi), perjalanan sekitar 60 menit. di Bandung ada juga PPM di wilayah Bandung Selatan, posisinya ke Unpad sekitar 45 menit demikian pula ke UPI….semoga Alloh paring aslbb..aamiin

  18. Maaf saya mau tanya kalo rumahnya di daerah gunung batu sebelum cimndi sambungnya dimana yah?
    Sama kalo di daerah sukagalih belakang hotel aston pastur sambungnya dimana yah yg terdekat?
    Ajzk

  19. Assalammualaikum pak, kami mahasiswa yg insyaAllah kkn di bulan juni mau tanya tempat sambung di sekitar cigalontang (tasik), leuwisari (tasik), jampang kulon (sukabumi), dan jampang tengah (sukabumi) ajzkh.

  20. Assalammualaikum wr.wb….ada yg tau alamat ponpes di daerah bandung,mohon sharingnya.
    Alhamdulillah jazakumullohu khoiro…

    1. Wa alaikum salam wrwb, amshol diperjelas ponpes yang dicari ponpes khusus hadits besar, ponpes sambil sekolah, ataukan ponpes mahasiswa (PPM)?u ponpes yang sambil sekolah setingkat SMA (lokasi sekolah di luar ponpes) bisa ke Cipageran Cimahi wilayah Bandung bagian Barat, untuk Ponpes Hadits Besar insyaAllah akan dibuka di wilayah Bandung sebelah Timur (di daerah Jatinangor), dan untuk Pondok Pesantren Mahasiswa ada dua tempat, di Wilayah Bandung bagian Selatan di Bale Endah dan di jatinangor ….

  21. Assalamualaikum, mohon info lengkap untuk PPM di daerah itb/ bandung, dan UGM yogya..atau kalau mau tahu tentang PPM , apa ada website atau apa? Alhamdulillahjazakumullohu khoiro ^^

  22. Aslmkum,
    Amal sholih minta informasi grosir baju anak atau konveksi baju anak di bandung yg bagus dan terpercaya.
    Ajzkqr

    Wassalam

  23. Assalamualaikum. Amal solih saya dibantu untuk mencari:
    1. alamat masjid ldii yang dekat dg stasiun kiaracondong,bandung
    2. alamat masjid ldii yang dekat dg desa sukakarya, kecamatan samarang, kab. garut. Mohon informasinya. AJKK

    1. wslkm wrwb, masjid yg dikelola LDII terdekat stasiun kiaracondong di jalan kebon gedang di Masjid Baiturohim seberang jalan PSM bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik angkot dulu sebentar turun di PSM, nyebrang dan masuk ke jln kebon gedang. Untuk yg di samarang silakan kontak P Aswin Ketua DPD LDII Garut di no HP. 085222236899…Semoga Alloh paring aslbb..aamiin

  24. Assalamualikum, mau tanya mas, ni kan temenku mau ke sukabumi, mau kerja di pt longvin indonesia, tapi belum tau tempat sambungnya yg deket.
    Amshol kasih alamat lengkap kelompok terdekat dong & no HP!
    Jazakallohu khoiro.

  25. Assalamualaikum ww, mohon info alamat PPM untuk puteri yg dekat UPI beserta contact personnya. JazakaLLOHU Khoiron

  26. Assalamualiakum, mau tanya alamat masjid ldii didaerah dkt sanbe farma dimana ya?amsol infonya ya,soalnya bingung mau ngaji ga tau alamtnya.

  27. Asslm…

    saya baru akan pindah kerja, awal bulan Juli 2014, di PT QL Agrofood, cianjur.
    Kp.Neglasari, Kec Haurwangi, sebelum jembatan citarum.

    tempat ngaji tingkat study group/PAC/PC yang dekat daerah sekitar sana, dimana yah?

    Alhjzkrh…
    Salam,
    R. Sophian
    08812120354

  28. Assalamu alaikum.
    Mohon informasi masjid yg dikelola LDII di deket stasiun kejaksan cirebon ada g ya?
    syukur kalo ada contact person nya.
    alhamdulillah jaza kumullohu khoiro.
    wassalamu alaikum.

    1. Wa alaikumussalam wrwb,
      Kalau tidak salah ada PC Kejaksaan di Jalan Siliwangi Cirebon. Untuk info lebih lengkap silakan kontak Sekretariat DPD LDII Kota Cirebon di Jln.Perjuangan No. IA Cirebon telp (0231)480013

      Salam2.
      Wslkm wrwb

  29. asslmkm..maaf sblmny,mhn informasi tmpat kost yg dikelola wrga ldii yg paling dkt dg kampus upi jl.asetiabudi..ajkk maksih bwt infony aslb

  30. Aslkum wr wb . Saya mau nanya alamat pengajian LDII di RANCAEKEK saya tinggal di RANCAEKEK dekat pasar DANGDEUR amsol informasinya klo ada kontak person yg bisa di hubungi . Alhamdulilah jazakallahu koiro .

  31. Assalamualaikum wrwb, mau tanya apakah ada masjid ldii di pangandaran parigi cijulang? kalau ada mohon info alamat dan no telp yg bisa dihubungi, jazakumullohu khoiro

  32. assalamualaikum
    amal sholih saya butuh alamat dan no tlpn msjd ldii yg dekat dngn stasiun banjar. udh muter2 blm ktemu. alhamdulillah jaza kumullohu khoiro

  33. Asslmkum wr. wb. Saya ingin bertanya masjid ldii atau pondok mini di daerah cililin dimana ya? Amsol saya di beritahu /disms ke nomer ini 089637679972..ajzkh. semoga Alloh paring lancar lancar dan barokah .amiin

    1. wa alaikumussalam wrwb,
      DPD LDII Kabupaten Garut
      Jln Patrakomala No.5 Tarogong Kidul Garut T.0262 232 076
      Ketua: Ir. Aswin Nurhidayat, d/a Perum Campaka B IV/119 Jl. Godog Lebakjaya KArangpawitan 0262 242 044/ 08156085257
      Sekretaris: Tutun Sujana A.Md Jl. Ry Bayongbong Timur No.13 RT.1 RW.01 T.0262 543 201 – 08180958757

      PC Caringin: Kampung Pasir pulus Cimahi Caringin

      Smg Alloh paring aslbb..aamiin

      1. Assalamu’alaikum, amal sholih bisa info nomor telpon di jl. gagak. alhamdulillahi jaza kallohu khoiro. ini nomor telepon saya 082311316135

    1. wa alaikumusslam wrwb,
      DPD LDII KAB.PURWAKARTA:
      Jl. SMP 2 No.30 Ciseureuh Purwakarta 41118 Telp. 0264 217955, 217975, 203544

      PC Jatiluhur
      Jln. Pramuka No.255 Telp(0264) 202313

      oh ya kontak person yg bisa dihubungi sdh dikirim via email…Semoga Alloh paring aslbb…aamiin

      1. wa alaikumusslam wrwb,
        DPD LDII KAB.PURWAKARTA:
        Jl. SMP 2 No.30 Ciseureuh Purwakarta 41118 Telp. 0264 217955, 217975, 203544

        PC Jatiluhur
        Jln. Pramuka No.255 Telp(0264) 202313

        oh ya kontak person yg bisa dihubungi sdh dikirim via email…Semoga Alloh paring aslbb…aamiin

  34. asalamualaykum. mohon amal soleh saya minta alamat tempat sambung di cikampek deket tol cikopo dong. saya baru masuk ldii.. mohon bantuannya yah 🙂 yg tau amsol kirim alamat ke no 089685469691 aljzk 🙂

  35. asalamualaikum. mohon amal soleh saya minta alamat tempat sambung di kota banjar patroman, dan nomer kontak yang bisa dihubungi.

    alhamdulilah jazakallohu khoiro

  36. asslkmwrwb,amal soleh saya minta alamat tempat sambung di sekitar stasiun cirebon. kalo ada saya minta nomer yang bisa di hubungi,amsol yang tau kirim alamat nya ke 081296545354.
    Ajzkhr.

  37. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Amalsoleh informasinya minta contact person sekitar stasiun Cirebon, tepatnya di Hotel Santika.

    Alhamdulillah jazakumullahu khoiro.

    1. silakan bisa hubungi pengurus LDII Garut…Ketua: Pa Aswin di HP. 085222236899/ 08156085257, Sekretaris: Pa Tutun Sujana 081809587405/0262 543201, atau dicoba ke PC Samarang-Kamojang RT.01 RW.09 telp 0262 542 252…semoga Alloh paring aslbb..aamiin

          1. Ass.wr.wb min amsol mau tanya alamat mesjid yg terdekat dengan sekitaran jl pesantren atau jl cihanjuang blok c cimahi dmn ya?ajzkh

  38. ass.mualaikum,saya mau nanya klo dri kws.bukit indah (pintu tol cikopo) ke tempat sambung terdekat jauh / tidak,saya bekerja d’AHM,amsol kirim info k’kontak via sms/tlp 087788907602 ALJZKH.Amin

  39. Assalamualaikum.. mohon info masjid jamaah di sekitar Jl.perjuangan Cirebon.. karena saya mau ada tes kerja di SMK Bina Warga besok pagi.. untuk itu, amsol infonya untuk saya bermalam 1 malam saja.. ajkk.

  40. Assalamualaikum.. mohon info untuk masjid LDII yang terdekat dengan daerah cimerang, padalarang.. dimana mas?? karna saya mau mampir sholat jum’at di daerah tersebut. mohon infonya segera. ajzkh.

  41. Amal soleh minta alamat study group pengajian yg deket dengan alamat Jl.Siliwangi – Sukasari Bogor soalnya sudah seminggu anak kami yang baru pindah dari Majalengka belum menemukan tempat tersebut, mohon infonya. AJZKH….

  42. Assalamualaikum
    Kalau pondok kutubusitah di daerah jatinangor bandung timur alamatnya dimana ya?
    kalau ada no telp/hp nya berapa ya?
    Jazakumullahukhoiro

  43. aslkm, numpang Tanya, sy dapat info kalo dibandung ad UB yang menjual seragam TPQ, betulkah? kalau memang betul bandung mana n nomer tlp brp ya, ajzkh

  44. Asslm wr wb mohon informasi Alamat lengkap masjid ldii nurul hakim bandung timur dan masjid ldii yg deket sm trans studio bandung bsrta almat lgkapnya.. Ajjkhro

  45. Assalamualaikum, saya tertarik ingin menjadi jama’ah ldii, mhon info.a masjid yg trdkat di sktaran jl.moh toha/tegalega. Mhon petunjuk dan bimbingan.a cp yan’z : 082233375520

    1. wa alikum salam wrwb, mhn maaf baru terbalas pesan di komennya…silakan sudah kami kirim sms kontak person dan mubaligh terdekat, bisa minta didatangi privat atau datang ke tempat mubaligh tersebut, semoga Allah SWT memberi kebarokahan…aamiin

  46. Assalamualaikum,
    saya adhi jamaah dari jakarta utara.
    Amal sholeh minta alamat masjid atau tempat ngaji terdekat dengan pertamina ujung berung di jalan sukarno hatta. Insya Alloh saya tanngal 1 Juli 2015 pindah tugas di sana.Ajzkh.
    Nomor hp 0817267551

  47. assalamualaikum maaf mau tanya saya baru kerja di purwakarta kalau masjid ldii yang dekat dengan rsud bayu asih jalan veteran dimana ya?amsol info cp nya ini nomer saya 081931797257…ajkk

  48. Assalamualaikum , keluarga sy bru pindah k daerah cicalengka , amalsholihnya info alamat masjid di daerah kampung cicaringin , desa Cikasungka , kecamatan cikancung RT 02 RW 05 , apakah ada ? amalsholihnya alhamdulillahi jzkumullohukhoiro

  49. assalamualaikum,
    bisa tolong infokan alamat mesjid kelompok yg dekat dengan polres karawang timur ?
    ajkz

    by ; jm kebumen

  50. assalamualaikum, bisa tolong infokan alamat mesjid kelompok yg dekat dengan polres karawang timur ?
    tolong infonya di nomor : 089653627688
    ajkz by ; jm kebumen

    1. ass saya insyaalloh besok tugas ke kpknl bogor jl veteran amsol majid terdekat dimana yaa ajkh terkait jumatan..kontak saya 082110507949 semoga barokah aminn

    1. Wa alaikum salam wrwb,
      Pondok Budi Agung materinya sama dengan pondok lain, ada tambahan materi: nahwu shorof, kelas tahfidz, ada tilawati…Lamanya tergantung pribadi masing-masing yg mondok, kalau mempersungguh dan menjumpai pas khataman bulan Ramadhan bisa 6 bulan langsung tes Kediri. Uang Makan 275rb, biaya pendaftaran 75rb plus uang piring (nanti jd milik pribadi) rp 20rb. Info lebih lengkap hubungi Mas Hirzan (Salah satu guru pondok Budi Agung) di HP. 0857-1720-1389..Semoga Alloh paring aslbb..aamiin

  51. Assalamuallaikum wr wb. Pak mau tanya masjid yg deket desa curugwetan kec. Susukan lebak kab. Cirebon amsol kasih no hp dan alamatnya.. temen saya pengen ngaji.. allhamdulillahijazakummullohukhoiro..

  52. Assalamualaikum wr wb

    Amal soleh, mesjid terdekat di bogor, tepatnya dekat hotel aston the jungle – bogor nirwana residence bogor dimana ya ?

    jazakumullohu khoiroh.

    1. assallammualaikum, saya juga mau dong alamat mesjid ldii deket univ.indonesia depok.
      Admin bales info ini yah.

      Ajzkh.

  53. Assalamu’alaikum,
    Amal sholehnya pak..sy lg tugas di daerah cimanuk tasik..amal sholeh,alamat masjid LDII..atau kontak person pak kyai nya..
    Alhamdulillah,jazakumullohu khoiro.. dtunggu emailnya atau datanya ke
    087780037453

  54. Ass.wr.wb
    Mohon maaf, kalau alamat PAC LDII yg ada di desa Sukamukti kec. Jalaksana kab. Kuningan – Jawa Barat di mana ya …?
    Syukur syukur ada nomor yg dapat dihubungi…
    Saya tinggal di Bekasi, amshol kalau ada info dikabarin ( butuh segera ).
    Ajzkhro sebelumnya…
    Wass.wr.wb

  55. Assalamu Alaikum.Wr. Wb maaf sebelumnya saya mau tanya No Tlp nya Bpk Samijan PAC Malabar PC Kebun Gedang BAndung……Ajkkh

  56. assakamualaikum
    amsol infokan tempat sambung yg deket daerh bandung kota .Lingkar selatan, kec. Lengkong .sekitar jln kh ahmad dahlan
    .soal.a alhmdulillah ada temen saya yg mau ikut sambung pertama kali insyalloh .amsol bantuanya segera
    alhmdulillahjazakumullohukhoiro

  57. Assalamualaikum mas,mba mau tanya kalo di kecamatan sidamulih desa sukaresik kabupaten pangandaran mesjid warga LDII terdekat dimana ya? Alhamdulillahi jaza kumullahu khoiro

  58. Assalaamu’alaikum Warohmatulloh…
    Mohon alamat/kontak pengurus LDII di Kp. duren baru plered, desa susukan, kec.bojong gede.

    Ajzkh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.