LDII Kembangkan 5 Syarat Kerukunan

stop perpecahan umat

5 Syarat Kerukunan digalakkan LDII untuk mewujudkan Ukhuwah Basyariyah, Ukhuwah Wathoniyah, Ukhuwah Islamiyah

Melanjut tulisan sebelumnya mengenai gerakan moral LDII tentang 6 tabiat luhur orang beriman yaitu rukun-kompak-kerjasama yang baik-jujur-amanah-hemat (mujhid muzhid alias kerja keras tirakat banter).

Pada tulisan ini membahas point rukun & kompak. Kerukunan dan kekompakan baik antar dan inter umat beragama pada umumnya dan sesama muslim pada khususnya sampai pada lingkup terkecil kerukunan & kekompakan dalam keluarga, dalam mewujudkannya, para ulama & pengurus LDII merumuskan dalam 5 syarat kerukunan, yaitu :

1. ย Menerampilkan bicara yang baik dan benar, pahit madu, enak didengar, sopan santun, tata krama, unggah ungguh, papan-empan-adepan yaitu menyesuaikan tempat & situasi dimana kita bicara (papan), sesuatu/isi yang kita bicarakan (empan) dan siapa lawan bicara kita (adepan).ย 

2. Supaya mempunyai watak yang jujur, amanah, bisa percaya dan bisa dipercayai.

3. Supaya banyak shobar, wani ngalah,ย keporo ngalah, rebutan ngalah.

4. Tidak saling merusak, baik merusak dirinya, harta bendanya, hak asasinya maupun kehormatannya.

5. Saling memperhatikan dan saling menjaga perasaan.

Termasuk agar terwujud kerukunan dan kekompakan adalah mempraktekkan selalu husnudzon billah dan menghilangkan rasa suudzon, dendam, sakit hati, dengki, penghinaan, meremehkan, menjatuhkan, menjerumuskan dan lain-lain.

InsyaAllah bila kita praktekkan maka kerukunan dan kekompakan sebagai satu nusa, satu bangsa, satu bahasa. Kita bisa mewujudkan ukhuwah basyariah, ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah Islamiyah.

Sebagai sesama muslim,ingatlah Tuhan kita sama yaitu Alloh SWT, Nabi kita sama yaitu Nabi Muhammad SAW, kitab kita sama yaitu AlQuran, Hadits kita sama, Ibadah Haji kita sama-sama ke Mekah, adapun perbedaan ikhtilaf dalam agama silakan mengamalkan keyakinannya masing-masing yang penting bisa saling tasamuh (saling menghormati), tidak usah dijadikan jurang pemisah yang dalam dan menjadikan kita terpecah belah. Bahkan dengan non muslim pun kalau kita bisa mempraktekkan 5 syarat kerukunan tersebut, kita akan bisa hidup berdampingan sebagai sama-sama anak bangsa. Urusan ibadah, masing-masing saja. Tidak usah saling menjelekkan dan menghina. Salam ukhuwah.

Bantu Share Artikel ini Ya... ๐Ÿ™‚

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

5 Comments on “LDII Kembangkan 5 Syarat Kerukunan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.