LDII dan Polda Jabar Kerja Sama Latih Kader Dai Kamtibmas.

loading...

Jabar.ldii.or.id, Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPW LDII) Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (POLDA) Jawa Barat akan menggelar Pelatihan Kader Dai Kamtibmas, Kamis, (5 April 2018), bertempat di  Grand Asrilia Hotel, Jl.Pelajar Pejuang 45 No.123, Bandung.

Kegiatan yang mengusung tema, “Peran LDII dalam Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat menuju Jawa Barat Sejahtera, Demokratis, Mandiri, dan Bermartabat ” ini, merupakan langkah LDII Jabar dalam menjalin hubungan yang sinergis dengan kepolisian Jawa Barat.

Pelatihan ini akan dihadiri perwakilan 27 DPD Kota/Kabupaten LDII di Jawa Barat dan Perwakilan Pondok Pesantren yang dikelola LDII. Pada kesempatan tersebut juga direncanakan akan dilaksanakan pendeklarasian Deklarasi Anti Hoaks bersama Polda Jabar.

Pemateri yang akan hadir, diantaranya : Polda Jabar (Binmas, Intelkam dan Krimsus Polda Jabar), Kesbangpol Jawa Barat, Kementrian Agama Jawa Barat dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat.

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) adalah sebuah ormas yang beraktifitas dalam bidang dakwah Islam, yang merupakan bagian dari perjuangan dan pengabdian untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana yang cita-citakan dalam proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945.

Eksistensi Lembaga Dakwah Islam Indonesia selain dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 juga terus mengedepankan peranannya di Republik tercinta ini, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang no 17 tahun 2013 dan Undang-Undang Hak Asasi Manusia.

Sebagai organisasi besar yang senantiasa berupaya untuk mewujudkan kerukunan, kekompakan dan kerjasama yang baik sesama komponen bangsa, yang keberadaannya tersebar di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Barat keberadaannya sudah ada di 27 Kabupaten/Kota, 348 Pimpinan Cabang (PC) dan 716 Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembaga Dakwah Islam Indonesia

Dengan paradigma LDII hasil MUNAS VI 2005, LDII dituntut agar lebih proaktif dalam melakukan sosialisasi, publikasi dan tabayyun untuk membangun keterbukaan, serta semua warga LDII agar berbudi luhur memiliki akhlaqul karimah, bersama ormas lain melakukan silaturrohim guna lebih meningkatkan ta’aruf, tafahum, ta’awwun dan takaful, apalagi sejak awal dirikan LDII bertekad untuk menegakkan ukhuwah Islamiyah, dengan niat untuk mendapatkan ganjaran/pahala yang tinggi disisi Allah SWT.

Sebagai konsekwensi organisatoris LDII senantiasa merasa termotivasi untuk melakukan upaya-upaya pembinaan personal dan organisasi dalam konteks konsolidasi yang terprogram, terarah dan berkesinambungan sesuai amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga LDII, salah satunya yaitu dengan pelaksanaan Pelatihan Kader Dai Kamtibmas Tingkat Provinsi Jawa Barat ini.

Kegiatan pelatihan ini, direncanakan terbagi dalam 3 (tiga) acara yaitu :

1. Pelatihan DA’I Kamtibmas.

Pengurus, Ulama, Mubaligh/Mubalighot akan diberikan wawasan tentang Keamanan dan Ketertiban Masyarakat dalam bentuk Pendidikan dan Pelatihan Kader Da’i Kamtibmas yang akan dilaksanakan selama 1(satu) hari

2. FGD (Focus Group Discussion) Tentang Situasi Kamtibmas Provinsi Jawa Barat.

Untuk mendukung peran aktif Da’i Kamtibmas dalam melaksanakan tugasnya, maka akan dilaksanakan FGD (Focus Group Discussion) selain peserta pelatihan Kader Da’i Kamtibmas juga dari unsur Kepolisian, Kesbangpol, MUI, Kemenag, Akademisi, dll

3. Deklarasi Anti Hoaks.

Dari hasil Pelatihan Kader Da’i Kamtibmas LDII Provinsi Jawa Barat ini, diharapkan para dai LDII bisa menjadi penyuluh kamtibmas membantu jajaran kepolisian dan hal keamanan dan ketertiban.

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂
loading...

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *