Kreativitas Seni & Outbound Awal Tahun 2014 Remaja LDII Sumedang

Acara penutupan Kemping Akhir tahun Remaja LDII Sumedang di Sukajadi, Wado
Acara penutupan Kemping Akhir tahun Remaja LDII Kabupaten Sumedang di Sukajadi, Wado

Remaja LDII Sumedang Tampilkan Kreativitas Seni & Outbound Awal Tahun 2014

“Semoga menginjak tahun 2014, muda-mudi mempertahankan hal-hal positif ini dalam kehidupan sehari-hari.  Terima kasih kepada aparat berwenang mulai tingkat RT/RW, Desa, Kecamatan Wado yang telah mengayomi hingga terselenggaranya kegiatan pembinaan remaja ini dengan lancar,” demikian diungkapkan Bapak H. Mansyur menutup kegiatan Pembinaan Muda-mudi dalam Kemah Akhir Tahun di Perkemahan Sukajadi, Kecamatan Wado, Sumedang (31/12-2013 s,d. 1/1-2014)

Diungkapkan beliau bahwa godaan syetan bagi anak cucu Adam semakin tinggi. Oleh karena itu, di malam tahun baru, remaja dan muda-mudi LDII sekabupaten Sumedang diberikan acara positif dan kreatif dengan  mengikuti tadabur alam. Acara di alam terbuka ini  diisi oleh kegiatan pengajian al-Qur’an dan dalil-dalil hadist, juga kreasi hiburan berbasis religi maupun kegiatan berbasis gerak outbon.

Hadir dalam acara sehari semalam ini Ketua DPD LDII Kabupaten Sumedang, Bapak H. Usep Aziz Solehuddin, Ketua DPC LDII Kecamatan Wado, Bapak Ir. Ahman Rukman, dan tokoh setempat.  Acara dibuka pada pukul 15.00 WIB oleh Ketua Tim PPG LDII Sumedang, Ade Suswandi, S.Si. Menurut Ade, kegiatan ini sangat penting dalam pembinaan generasi muda. “Pembinaan generasi muda sangat urgen dalam menyelamatkan generasi mendatang. Acara diadakan di lokasi jauh dari pusat keramaian diharapkan muda-mudi lebih khusyu dan konsentrasi dalam menerima sejumlah materi.” ujarnya.

 Remaja LDII Kab. Sumedang Konsentrasi memaknai lembaran dalil-dalil alhadist
Remaja LDII Kab. Sumedang Konsentrasi memaknai lembaran dalil-dalil Al hadist

Acara diisi berupa tausiah dan dalil-dalil tentang kerusakan moral bakal dihadapi remaja khususnya dan semua lapisan umur di akhir zaman memiliki aktualitas dengan kecenderungan dekadensi moral dialami oleh masyarakat dewasa ini.  Muda-mudi diingatkan kembali bahwa tantangan di tahun baru akan semakin berat dalam menjalankan hal-hal positif di tengah zaman semakin maju.

Mulai jam 20.00 WIB kegiatan kreativitas muda-mudi berbasis religius ditampilkan.  Diawali remaja dari PC LDII Tanjungsari diwakili Yuda dan Imam menampilkan “stand up comedi” yang mampu menghangatkan dinginnya hawa pegunungan. Dilanjutkan oleh remaja dari PC LDII Sumedang Selatan dengan atraksi sulap. Kemudian ada band remaja dan penanyangan profil pemiliki akun fb remaja LDII Sumedang dikemas secara kreatif mampu memecah kebekuan malam sunyi.

Acara dipandu oleh Mas Abas dan Mas Ahsan ini cukup atraktif. MC mampu mengajak peserta berdialog interaktif sehingga peserta tetap terkonsentrasi.  Pagelaran drama mengisahkan sayembara menggoda anak adam oleh balad Iblis selama 2 jam mampu menyedot perhatian  kalangan santri.  Lewat tipu muslihatnya, iblis mampu memperdaya manusia dengan berbagai upadaya. Kisah diadopsi dari cerita di hadist itu sengaja divisualkan dengan menghadirkan Raja Iblis, Pocong, Gendoruwo, dan Tuyul membuat penonton larut dan waktu 2 jam terasa begitu cepat.

Remaja LDII Sumedang Yuda dan Imam menghibur peserta dalam Stand up Comedy
Yuda dan Imam menghibur peserta dalam Stand up Comedy

Drama yang telah dilipsing suaranya dan efek soundnya itu adalah kolaborasi remaja PC LDII Sumedang Utara, PC LDII Cimalaka, PC LDII Buahdua, dan PC LDII Rancakalong. Remaja  PC LDII  Tanjungsari menghadirkan kreativitas animasi film dengan tokoh-tokoh remaja setempat. Ada juga tampilan dari PC LDII Wado, PC LDII Darmaraja dan PC LDII Situraja.  Sesi selanjutnya dipandu Mas Abas adalah renungan dalam media slide ilustrasi perilaku negatif yang dilakukan oleh sekelompok komunitas dan perilaku islami yang patut dicontoh remaja.

Remaja LDII Sumedang Mas Abas memerankan pocong, anggota pasukan Raja Iblis yang ditugaskan mempedaya manusia dalam Drama Religi ditampilkan selama 2 jam.
Mas Abas memerankan pocong, anggota pasukan Raja Iblis yang ditugaskan mempedaya manusia dalam Drama Religi ditampilkan selama 2 jam.

Sesi akhir adalah mendengarkan petuah tentang betapa mulia dan dalamnya kasih sayang orang tua pada anaknya. Momen ini mampu membawa trenyuh seluruh peserta dan isak tangis pun tak terhindarkan.

Outbound

Acara outbound dengan menjelajahi perkebunan cengkeh dimulai pukul 06.30 WIB.  Sebelumnya diadakan acara inspiratif bagi kalangan peserta.  Dalam outbon ini, peserta melalui jalur telah ditentukan dengan menuruni kebun palawija, masuk sawah, dan jalan desa.  Selama melakukan penjelajahan, para peserta diberikan materi berbasis Islami oleh para petugas dalam tiap Pos.  Di Pos 3, peserta mendapatkan makanan ringan dan air minum.

Satu regu outbound Remaja LDII Kab. Sumedang berpose bersama di salah satu Pos
Satu regu outbound Remaja LDII Kab. Sumedang berpose bersama di salah satu Pos

Acara jalan kaki yang dilakukan di alam terbuka sangat mengasyikan. Bukan saja para remaja, beberapa pendamping maupun pengantar memanfaatkan ajang kebugaran ini dengan mengikuti rute outbon.  Ada jembatan kayu yang membuat adrenalin berdegup kencang. Jalan licin juga menuntut kerjasama tim. Semua berjalan lancar dan finish di tenda utama.

 

Kegiatan yang diadakan di akhir tahun ini sangat kreatif, atraktif, dan imajinatif. Di saat masyarakat dunia merayakan pergantian tahun, remaja LDII diajak untuk merenungi dan menafakuri  hakikat kehidupan di alam terbuka dalam suasana penuh kesyahduan. Merenungi manusia dan alam ciptaan-Nya adalah upaya untuk menambah kesyukuran dan kesungguhan dalam melakukan ibadah sebagai kewajiban hamba kepada Tuhannya. *** (Dewa/DPD LDII Sumedang)

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

4 Comments on “Kreativitas Seni & Outbound Awal Tahun 2014 Remaja LDII Sumedang”

  1. assalamu’alaikum wr. wb

    saya amat terksan sekali dengan berita ini.
    Remaja atau Muda/I LDII yang terkesan dibatasi dalam aturan, ternyata okey juga dan memiliki jiwa seni yang kreatif

    Kreasi di atas menunjukkan bahwa pemuda/i LDII tetap dinamis, adaptasi dengan zaman dan akoodatif selama hal itu tidak melanggar

    Jazakumullohu khoiroh atas informasinya.
    Wassalamualaikum wr. wb.

    1. wa alaikumussalam wrwb,
      Wilujeng sumping Teh Nia, di Website Resmi DPW LDII Jawa Barat…alhamdulillah atuh ari terkesan mah, kaleresan berita ieu teh kintunan ti Kang Dewa Pengurus DPD LDII Kab. Sumedang.

      ajzkikh atas komen & supportnya…

  2. alhamdulilah urang tos tiasa gaduh blog anu sae kieu. hayu atuh urang eusian ku tulisan-tilisan anu langkung sae duei. teraskeun ah……….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.