Kolaborasi PC LDII Buahbatu,Senkom Mitra Polri Cabang Bandung & Damkar Kota Bandung, “ Sosialisasi Siaga Bencana “

Kolaborasi PC LDII Buahbatu,Senkom Mitra Polri Cabang Bandung & Damkar Kota Bandung, “ Sosialisasi Siaga Bencana “ 

Wawan Sungkawa (Damkar Kota Bandung) :  ” Hindari terjadinya api yang disebabkan tiga unsur yaitu :

Bahan Bakar, Oksigen dan Panas”.

senkom-mitra-polri-damkar-ldii-bandung
Sosialisasi Siaga Bencana kolaburasi LDII PC Buah Batu, Senkom & Damkar Bandung

Narasumber dari Dinas Kebakaran Kota Bandung, Bp. Wawan Sungkawa menjelaskan bahwa menghadapi api kita harus mengenali dahulu sifat-sifat api, sehingga nanti akan mudah mengendalikannya. Terjadinya api ujarnya, kalau ada tiga unsur yaitu  Bahan Bakar, Oksigen dan Panas.  Apabila salah satu unsur itu tidak ada atau hilang, maka api tidak akan terjadi atau akan padam. Maka kalau kita menghadapi munculnya kebakaran, jangan panik, sejak sumber api masih kecil segera salah satu unsur itu dihilangkan, misalnya dengan menutup sumber api itu sehingga oksigennya hilang dan api akan padam.  

Ditambahkan pula, bahwa tabung Elpiji itu tidak pernah dan tidak akan pernah meledak, terjadinya kebakaran akibat tabung Elpiji itu dikarenakan adanya kebocoran pada Regulator dan atau akibat Seal Karet pada tabung Elpijinya yang tidak baik. Regulator yang sesuai standar SNI/SII itu tahan untuk penggunaan sebanyak 60 tabung Elpiji, kalau regulatornya sudah rusak harus segera diganti, jangan mencoba diganjal dengan batu misalnya, seperti yang banyak dilakukan oleh masyarakat awam, karena ingin menghemat.

Alat penjepit regulator yang banyak dijual di supermarket-supermarket itupun sebenarnya tidak diperlukan, selama regulator dan seal karet tabungnya baik.

Seorang ibu mencoba tabung APAR dalam Sosialisasi Siaga Bencana Sosialisasi Siaga Bencana kolaburasi LDII PC Buah Batu, Senkom & Damkar Bandung
Seorang ibu mencoba tabung APAR dalam Sosialisasi Siaga Bencana Sosialisasi Siaga Bencana kolaburasi LDII PC Buah Batu, Senkom & Damkar Bandung

Demo cara pemadaman api dengan tabung APAR ( Alat Pemadam Api Ringan ) dengan ukuran berat 3 kg, yang perlu disediakan di rumah-rumah tinggal, dipertunjukkan oleh petugas Damkar Kota Bandung di pelataran parkir masjid Sabiilul Muttaqiin, Jl. Sarijati  II  No. 3, Margacinta – Bandung.

Ibu- Ibu LDII Buah Batu ikuti Sosialisasi Siaga Bencana Sosialisasi Siaga Bencana kolaburasi LDII PC Buah Batu, Senkom & Damkar BandungIbu-ibu yang sering menghadapi api dalam kegiatan sehari-hari memasak di dapur, diberi kesempatan mencoba memadamkan api dengan APAR tersebut.

Sesuai Perda Kota Bandung, tabung APAR ini wajib disediakan di setiap rumah tinggal warga. Isi tabung kalau tidak dipakai tahan selama dua tahun, dan setelah waktu itu isinya harus diganti atau diisi ulang.  Supaya tidak mubadzir, sebelum kadaluwarsa (expire date), sebaiknya isi tabung APAR ini dipergunakan dan dihabiskan  sebagai latihan.

 

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

One Comment on “Kolaborasi PC LDII Buahbatu,Senkom Mitra Polri Cabang Bandung & Damkar Kota Bandung, “ Sosialisasi Siaga Bencana “”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.