Hikmah Ramadhan Kembali Kepada Kesucian

Advertisements

Hikmah Ramadhan

Liputan LDII.TV PENENTUAN 1 SYAWAL 1434 H

Menteri Agama Suryadharma Ali, memimpin sidang Isbat, penentuan 1 Syawal 1434 H bersama 34 Ormas Islam yang hadir, termasuk LDII di Kantor Menteri Agama Thamrin Jakarta.

Sidang Isbat memutuskan, tanggal 1 Syawal 1434 H, jatuh pada Kamis tanggal 08 Agustus 2013.

Tim Hisab Rukyat LDII turut melaksanakan pengamatan hilal dan menurunkan tim pengamat hilal di Pelabuhan Ratu, Cirebon dan Pantai Serang Blitar Jawa Timur.

Alhamdulillah akhirnya hari ini kita berhari raya merayakan hari kemenangan.

Kemenangan Ramadhan tentunya bukan karena oleh pakaian yang baru, namun kebersihan hati dan saling memaafkan, Kembali kepada Kesucian.

KH. Aceng Karimullah BE, SE Departemen Pendidikan Agama dan Dakwah DPP LDII mengatakan bahwa orang yang berhari raya itu hakekatnya orang yang bertambah ketakwaannya, bertambah keimanannya, karena sudah sukses puasanya, sudah sukses melaksanakan sholat malam, sukses membaca alQuran, sukses mencari lailatul qodar, dan sukses melaksanakan zakat fitrah.

Puasa Ramadhan hakikatnya adalah media metamorfosa untuk kita.
Jika semuanya dijalankan dengan baik dan penuh penghayatan, maka pada hari ini kita akan menjadi sosok baru yang berbeda dari sebelumnya. Kita akan menjadi muslim sejati yang bersih dari noda dosa sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW:

فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

“Orang yang berpuasa dan mendirikan shalat malam dengan dasar iman dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya akan terbebas dari dosa-dosanya seperti ketika dilahirkan oleh ibunya.” (HR Ibnu Majah)

Namun sebaliknya, jika ibadah puasa dilaksanakan sekadar untuk menggugurkan kewajiban, maka kita takkan mendapatkan keistimewaan Ramadhan. Ibadah Ramadhan hanya akan menjadi rutinitas tahunan yang tak membawa perubahan apa-apa. Ibadah puasa takkan memperbarui diri dan kepribadian kita menjadi lebih baik. Janganlah sampai kita termasuk orang-orang yang rugi seperti disabdakan Rasulullah SAW:

رُبَّ صَائِمٌ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلاَّ الْجُوْعْ وَالْعَطَشْ

”Berapa banyak orang yang puasa tidak mendapat dari puasanya kecuali lapar dan dahaga.” (HR Nasai dan Ibnu Majah)

Kesuksesan menjalankan ibadah puasa bukan terletak pada kekuatan menjauhi faktor yang membatalkannya sejak fajar menyingsing hingga matahari terbenam. Tapi harus tercermin dari sikap dan perilaku kita sebelas bulan berikutnya. Sejak hari ini sampai Ramadhan yang akan datang. Oleh sebab itu, mari jadikan hari kemenangan ini sebagai momentum perubahan. Teruskan kebiasaan-kebiasaan ibadah (dzikir,doa, sedekah, sholat tasbih, dll) dan amal sholih lainnya yang kita lakukan selama kita di tempa di “kawah candradimuka” dalam “Terapi & Pemusatan Latihan” selama bulan Ramadhan.

Mudah-mudahan Alloh SWT memberi kemampuan kepada kita untuk menghadapi pertandingan kehidupan yang sesungguhnya setelah kita melewati tempaan di Bulan Romadhan ini. Patrikan niat untuk mengisi hari-hari di masa depan, dengan aktivitas multiguna yang bernilai ibadah, lalu hadirkan perubahan & warna positif bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat.

Mudah-mudahan kita termasuk orang yang sukses meraih hikmah ramadhan, kembali kepada kesucian.

SELAMAT IDUL FITRI 1434 H

Segenap Warga dan Pengurus DPW LDII Jawa Barat,

Mohon keikhlasan atas segala salah dan khilaf, karena kesalahan dari kita

dan kesempurnaan hanya milik Allah semata.

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ
Semoga Alloh menerima puasa dan amal ibadah kita serta dapat menjumpai Hikmah Ramadhan untuk kembali pada kesucian.

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

5 Comments on “Hikmah Ramadhan Kembali Kepada Kesucian”

  1. maaf , udah copast tanpa nyantumin sumber .. 🙂 , udah di ralat , ajzkh udah mampir mas ,.. dan udah koreksi 🙂 , jadi ga enak ..
    saya copas nya ta tarok di notepad dulu , biar background tulisan nya ga ikut ke copas ,jadi tulisan/kata2 yang ada link nya ikut ilang
    monggo di cek

  2. Assalamu’alaikum, saya aktivis LDII Mukomuko Bengkulu, Mengucapkan Taqobbalallohu mina waminkum; Dengan adanya LDII TV , mudah-mudahan LDII akan lebih dikenal masyarakat luas eksistensinya. Dan untuk ke depan LDII harus berusaha untuk membuat stasiun TV . Karena media informasi dan komunikasi ini besar pengaruhnya di masyarakat. Buat pengurus LDII terutama dijajaran DPP harus bisa menyeponsori sebuah yayasan yang bergerak dan bangkit untuk menciptakan persatuan, kebersamaan, dan persaudaraan ( PERSADA ) bangsa Indonesia dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah atau institusi terkait untuk melahirkan Media Pemersatu bangsa baik media cetak maupun media elektronika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.