Gerakan Pungut Sampah LDII Kota Bandung-PC Cibeunying Kidul

ldii-peduli-sampah
Advertisements

LDII Peduli, Bersihkan Cicaheum

Gerakan Pungut Sampah DPD LDII Kota Bandung-PC Cibeunying Kidul

ldii-peduli-sampah

ldii-peduli-sampah
LDII Peduli Sampah -Gerakan Pungut Sampah (GPS) PC. Cibeunying Kidul DPD LDII Kota Bandung

 

Sembari berjingkrak dan tertawa riang, bocah kecil itu asyik membantu ibunya memunguti sampah dan memberikan kepada ayahnya. Sementara kakak si bocah membawa kantong sampah yang telah penuh dan mengumpulkannya di tempat penampungan sampah. Minggu pagi itu, terjadi aksi kerjasama keluarga yang baik, mendidik dan bermanfaat untuk lingkungan. Seputaran Cicaheum mendadak bersih!

Aksi massal memungut sampah yang berserakan di jalanan itu merupakan kegiatan warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Pengurus Cabang Cibeunying Kidul dalam rangka membantu program Gerakan Pungut Sampah (GPS) yang diluncurkan Walikota Bandung sejak 23 Juli 2014 yang lalu. Kegiatan memungut sampah dilakukan warga LDII pada Minggu (1/2/2015), mulai pukul 7 WIB di wilayah Cicaheum Kota Bandung.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 300 warga LDII yang berasal dari jamaah 5 Pengurus Anak Cabang (Sukapada, Padasuka, Pasirlayung, Sukamaju dan Cikutra) LDII Cibeunying Kidul, Muspika dan warga sekitar. Area yang dibersikan dipilih di seputaran dekat Terminal Cicaheum, karena selain pusat angkutan dalam kota dan luar kota, daerah tersebut juga banyak orang yang lalu-lalang sehingga banyak sampah yang berserakan.

Ketua PC Cibeunying Kidul LDII Kota Bandung Agus Sulaeman mengatakan, meski gerakan pungut sampah yang dicanangkan Walikota diterapkan tiga hari dalam satu minggu, yaitu setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, warga LDII menambahkannya di hari minggu. “Hari Minggu banyak  warga LDII yang punya waktu longgar, jadi gerakan pungut sampah ini bisa dilakukan banyak orang sekaligus,” ujar Agus.

Dia berharap, seluruh warga LDII yang mengikuti kegiatan ini bisa mengubah aksi memungut sampah di lingkungan sekitar menjadi sebuah budaya rutin karena Gerakan Pungut sampah merupakan program yang bisa mengubah kultur masyarakat, dari pasif menjadi aktif untuk mencintai kebersihan.“Tiap Jumat sehabis salat Jumat, warga LDII sambil pulang menuju rumah masing-masing yang berjarak 50-300 meter dari masjid juga sudah terbiasa jika ada sampah yang berserakan di jalan yang dilalui untuk diambil dan dibuang pada tempatnya,” kata Agus.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD LDII Kota Bandung, Dicky Harun menjelaskan bahwa LDII sangat mendukung atas upaya Pemerintah Kota Bandung dalam menciptakan Kota Bandung yang lebih indah dan nyaman menuju Kota Bandung juara yang bermartabat. “Warga LDII mendukung upaya Walikota Bandung Ridwan Kamil untuk mempercantik dan menggugah kesadaran warga untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Mulai dari penataan taman-taman, perbaikan saluran air dan gorong-gorong, penanaman pohong hingga membumikan Gerakan Pungut Sampah,” ujar Dicky.

Dicky menambahkan, LDII selalu menanamkan kesadaran akan pentingnya kebersihan itu harus ditanamkan sejak usia anak-anak dalam keluarga dan lingkungan terdekat lewat pengajian cabe rawit (anak-anak), pengajian generasi penerus (remaja), maupun pengajian rutin.

Seperti diungkapkan Kang emil –sapaan akrab Walikota Bandung–, Gerakan Pungut Sampah adalah salah satu upaya Kota Bandung untuk warganya agar bisa membiasakan diri untuk menjaga kebersihan di lingkungan terkecil dengan cara menyediakan waktu 10 – 30 menit untuk memungut sampah di lingkungan sekitar. Hayu ah! (Ahmad Nada)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/314461

Terima kasih kepada Harian Pikiran Rakyat atas pemuatan berita ini di PR Edisi Cetak, Rabu (4/2) halaman 31 di Rubrik ANTAR KITA dengan Judul : ” Warga Bersihkan Kawasan Cicaheum “…

 

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.