Contoh Tausyiah Khutbah Idul Fitri 1440 H

Berikut ini, contoh tausyiah pada pelaksanaan Idul Fitri. Silahkan bagi yang memerlukan, bisa di copy dan diunduh. Semoga Alloh SWT memberikan manfaat dan barokah.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله ِوَبَرَكَاتُهُ

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَٰذَا وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ ، لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا بِالْحَقِّ ، وَنُودُوا أَن تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ.

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ ، أَمَّابَعْدُ:

Pertama-tama kami mengucapkan syukur kehadirat Alloh SWT, bahwa pagi hari ini, alhamdulillah kita diberi kesempatan untuk dapat melaksanakan ibadah sholat iedul fitri di tahun 1440 H ini.

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله ، والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد.

Hadirin Jamaah sholat idul fitri yang kami hormati,

Pada kesempatan ini, mari kita sejenak merenung tentang betapa besarnya kekuasaan Alloh, sesuai dengan apa yang di firmankan Alloh  SWT dalam Surat Qof ayat 38 :

وَلَقَدْ خَلَقْنَا السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ وَمَا مَسَّنَا مِنْ لُغُوبٍ

Artinya: Dan niscaya sungguh Kami (Alloh) telah menciptakan langit dan bumi seisinya di dalam 6 hari, Dan Kami (Alloh) tidak merasa capek.

Begitu Maha Kuasanya Allah menciptakan alam semesta raya ini, gunung, laut, sungai,  hutan, dan semua isinya, sejak jaman SM sampai saat ini.

Kita, manusia, sebagai makhluq ciptaan-Nya, mempunyai fungsi, tugas dan kewajiban yakni menghamba/menyembah kepada Alloh SWT, sesuai firman Allah dalam Surat Adzariat ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: Dan tidak Aku (Alloh) jadikan jin dan manusia melainkan untuk menyembah kepada-Ku (Alloh)

Dalam rangka mengimplementasikan pengabdian kita, Alloh menciptakan agama Islam sebagai pegangan, seperti tercantum dalam Surat Ali Imron ayat 19 :

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

Sesungguhnya agama disisi Alloh itu adalah agama Islam”.

Dalam menetapi agama Islam ini, untuk membentuk pribadi muslim yang berkarakter, LDII telah mencanangkan gerakan atau program yang dikenal dengan  “6 tabiat luhur” yaitu:

Rukun – Kompak – Kerjasama yang baik – Jujur – Amanah – Mujhidul Muzhid

Jujur, saya ambil sebagai salah satu yang perlu kita garis bawahi, karena dengan kejujuran akan terlaksana kerjasama yang baik berkelanjutan.

Sedangkan, Mujhidul muzhid berarti efektif dan efisien, efektif mengandung arti tercapainya optimasi dalam islam artinya dikerjakan dengan kepahaman dan tercapainya ibadah yang sempurna, bukan hanya sekedar melepas kewajiban.

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله ، والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد.

Hadirin jamaah iedul-fitri yg kami hormati.

Pagi ini kita patut dan wajib bersyukur kepada Alloh karena kita sudah bisa tuntas menyelesaikan kewajiban puasa Ramadhan sebulan penuh, memenuhi perintah Allah Yang Maha Kuasa:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Wahai orang-orang beriman, telah diwajibkan kpd kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa. (QS al-Baqarah 183).

 Dalam pelaksanaan puasa Ramadan yang baru saja kita lalui, ada 5 sukses yang menjadi target kita supaya mendapatkan pahala atau ibadah yang Optimal Core Implentation

Kita optimasikan 5 target sukses Ramadan yakni sbb:

  1. Sukses puasa
  2. Sukses Shalat Taraweh
  3. Sukses Baca Qur’an
  4. Sukses Lailatul qodar, (ibadah yang lebih baik dari 1.000 bulan/83 tahun)
  5. Sukses Zakat Fitrah

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله والله أكبر، الله أكبر ولله الحمد.

Hadirin kaum muslimin yang berbahagia,

Mari kita manfaatkan suasana iedul-fitri ini untuk menambah pahala dan kebaikan, dengan saling bersilaturahim, saling mengunjungi, saling memaafkan, saling memberi dan mengasihi. Mudah-mudahan itu semua bisa menambah luas rejeki dan menambah barokah umur kita. Aamiin.

Pada kesempatan yang baik ini kami juga mengajak dan mengingatkan kita semua untuk mengerjakan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal sebagaimana hadits berikut ini:

… أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ، كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ. (صحيح مسلم)

 Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang telah berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan 6 hari dari bulan Syawal maka dia seperti puasa setahun. (HR Muslim).

Intinya, marilah kita bersegera mencari pengampunan dan surga Allah, berlomba dalam kebaikan.

Mengakhiri acara pada pagi hari ini, marilah kita sama-sama menengadahkan tangan untuk berdo’a kepada Alloh :

Bismillaahirohmaanirrahim, Alhamdulillaahi robbil aalamiin, Allohumma sholli ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad

  1. Yaa Alloh, yaa Tuhan kami, semoga Engkau memberikan kepada kami yang akan bersilaturahim ke kampung halaman, semoga Engkau memberikan rezeqi, kemudahan, keselamatan, keamanan, kelancaran dan kebarokahan. Dan, kami bisa kembali lagi setelah mudik dalam keadaan aman,selamat,lancar dan barokah.
  2. Yaa Alloh, yaa Rohman, Yaa Rohim, semoga keluarga kami yang sedang sakit dan mendapat cobaan dari Engkau, semoga Engkau memberikan kesembuhan, kesehatan, kekuatan serta keshobaran.
  3. Yaa Alloh, yaa Dzaljalaali Wal Ikrom, semoga kami selalu mendapat pertolongan dari-Mu yaa Alloh, Engkau senantiasa memberikan rezeki yang luas, kesehatan yang prima, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

أَللَّـهُمَّ إِناَّ نَسْأَلُكَ رِضاَكَ وَالجَنَّةَ وَنعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارَ

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
أَللَّـهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Aamiin.

Sekian,

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِناَّ وَ مِنْكُمْ

Wassalaamu ’alaikum wr. Wb.

 

Bila Anda memerlukan file contoh tausyiah Idul Fitri 1440 H ini dalam fotmat pdf, silahkan bisa di unduh di halaman website ini di  dashboard ORGANISASI —> Download atau  http://bit.ly/tausyiah1440h atau http://bit.ly/tausyiahIdulFitri

Bantu Share Artikel ini Ya... 🙂

About DPW LDII Jawa Barat

Author dari jabar.ldii.or.id. Silahkan ikuti penjelasan LDII yang sebenarnya di website kami, sekaligus tabayyun dari kami.

View all posts by DPW LDII Jawa Barat →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.